Sambal Pecel. Pecel is one of the specialty dishes from Indonesia. It is made with boiled vegetables, fried tempe, fried tofu, lontong (rice cake) mixed with special Sambel Pecel. Although it may seem similar to Sambal Kacang used in Gado-gado or Siomay, Sambel Pecel uses different ingredients and method to make it. Bagi semua orang, memasak memang pekerjaan yang cukup mudah. Selain memang mereka hobbi memasak dan memiliki kemauan memasak yang cukup baik, mereka juga kreatif dalam memadukan setiap masakan sehingga menjadi makanan yang enak. Namun ada pula yang tidak terampil memasak, sehingga mereka harus belajar dan melihat resep-resep yang gampang diikuti.

Sambal Pecel Sambel Pecel Asli Blitar merupakan sambel pecel bumbu kacang untuk sambal nasi pecel khas Blitar. Diolah dari berbagai macam bahan berkualitas dan resep khas Blitar membuat rasa sambel pecel asli Blitar ini benar-benar enak. Sambel pecel Blitar berbeda dengan pecel Madiun maupun Kediri.

Menu masakan sunda: Buat kamu yang saat ini sedang mau mencoba memasak makanan lezat nggak susah, silahkan mama bisa mencoba beberapa jenis masakan sederhana ini. Selain bahan-bahannya yang mudah diperoleh, anda juga dengan gampang mengaplikasikannya, terlebih bagi saudara yang masih pemula.

Anda dapat membuat Sambal Pecel menggunakan 16 bahan yang tidak sulit didapatkan:

Bahan-bahan Sambal Pecel seperti berikut:

  1. Siapkan 1 kg of kacang tanah.
  2. Anda butuhkan 250-350 gr of gula merah.
  3. Sediakan 150 gr of gula pasir.
  4. Sediakan 50-60 gr of garam.
  5. Siapkan 20 gr of kencur (lihat foto untuk kira2).
  6. Anda butuhkan 6 siung of bawang putih.
  7. Anda butuhkan 1 ruas ibu jari of lengkuas.
  8. Anda butuhkan 5-6 lbr of daun jeruk.
  9. Sediakan sedikit of Asam.
  10. Anda butuhkan of Terasi sedikit (1 bks kecil).
  11. Anda butuhkan of Untuk yang pedas:.
  12. Siapkan 150 gr of cabe merah besar.
  13. Anda butuhkan 100 gr of cabe rawit.
  14. Siapkan of Untuk yang kurang pedas:.
  15. Siapkan 200 gr of cabe merah besar.
  16. Siapkan 50 gr of cabe rawit.

Nggak perlu lagi nunggu tukang pecel lewat depan rumah, kamu bisa kok buat sendiri pecel favorit kamu dengan Sambal Pecel. Toppers tinggal menambahkan air pada Sambal Pecel hingga encer, dan Sambel Bumbu Pecel pun siap untuk dihidangkan. Di Tokopedia, tersedia aneka merk sambel pecel yang dijamin enak dan. Bumbu sambal ini sering dijadikan pelengkap untuk pecel sayur, pecel lele, bahkan jadi cocolan tempe goreng.

Sesudah semua ramuan siap berikut sebanyak 7 langkah yang memandu bagaimana membuat Sambal Pecel.

Cara membuat Sambal Pecel

  1. Goreng atau sangrai kacang tanah sampai matang. Saya lebih suka disangrai supaya tidak terlalu berminyak..
  2. Timbang,kupas dan bersihkan semua bumbu. Kira2 kencurnya sebanyak yang di foto ya. Ini foto cabenya saya pake cabe merah besar semua karna suami punya masalah lambung,jadi gak bisa pedas meski sedikit..
  3. Potong2 cabe,kencur,lengkuas dan bawang putih supaya lebih gampang dihaluskan. Daun jeruk juga dibuang tulang daunnya..
  4. Goreng daun jeruk,kencur,lengkuas dan bawang putih sebentar saja,lalu haluskan. Goreng juga semua cabe yang sudah dipotong2..
  5. Nah,ini nih step yang butuh tenaga💪...giling kacang tanah. Saya pakai grinder daging kuno yang dari besi. Tekstur sambal pecelnya lebih bagus karna gak terlalu halus,masih ada kasar2 nya sedikit. Memang harusnya kaya gitu ya...kalau halus sekali jadinya kaya bumbu gado-gado dong. Kalau pakai food processor saya belum pernah coba,mungkin ada yang biasa pakai ya silahkan... Atau ada yg suka ngulek sendiri boleh2 aja kalo kuat ngulek kacang sekilo😥 Cabe yg sudah digoreng juga sama2 digiling ya..
  6. Haluskan juga gula merah,terasi juga asam (asamnya bisa diencerkan dengan 1 sdm air panas). Campur kacang tanah giling dengan semua bumbu. Saya campur dengan tangan yang dibungkus plastik,berat soalnya,banyak sih. Kalau pakai spatula bisa2 spatulanya patah😅.
  7. Kalau sudah betul2 tercampur rata,simpan dalam wadah dan tutup rapat. Pas mau makan tinggal diencerkan pakai air panas..

Memang bumbu pecel instan mudah didapatkan, tapi kalau ingin yang terjamin kebersihannya, lebih baik coba buat sendiri saja. Berikut cara membuat sambal pecel yang mudah untuk dipraktekkan sendiri. ResepMedia.com - Nikmati hidangan dengan lebih lahap dan menggugah selera dengan resep sambal pecel lele. Di kalangan masyarakat, menu pecel lele sudah tidak asing lagi. Menu ini ada dari mulai rumah makan tenda di pinggir jalan hingga restoran.

Saat memasak Sambal Pecel banyak memperoleh kegagalan, berikut ini beberapa cara yang perlu anda perhatikan. Berbagai cara yang perlu diperhatikan seperti memilih bahan baku. Bahan yang digunakan harus berkualitas bagus dan masih segar. Alat memasak dan rempah harus dipilih yang bersih. Untuk lebih detailnya, silahkan melihat cara memasak Sambal Pecel agar memperoleh hasil yang sempurna.

Tips membuat Sambal Pecel untuk memperoleh hasil yang sempurna

Memasak adalah aksi yang biasa dikerjakan oleh setiap orang, namun tidak setiap orang memiliki kepandaian dalam memasak. Beberapa hal perlu kita perhatikan ketika sedang memasak agak menghasilkan hasil buatan Sambal Pecel yang maksimal, apa sajakah itu?

  1. Pemilahan bahan makanan yang tepat juga mempengaruhi hasil masakan, mulai dari penetapan bahan yang segar akan sangat bagus karena kandungan gizinya masih sangat baik.
  2. Perkakas masak yang digunakan juga harus sesuai dengan apa yang dimasak. Serta harus diperhatikan kebersihan dari alat masak tersebut agak tidak mempengaruhi cita rasa dan kandungan gizinya.
  3. Cara memasak Sambal Pecel, meliputi mana bahan-bahan apa saja yang harus diolah terlebih dahulu dan mana yang diolah belakangan dan kapan harus memasukkan bumbu-bumbu. Hal ini dilakukan agar menghasilkan buatan yang memiliki kualitas gizi dan kematangan masakan terjaga tanpa mengurangi kelezatan masakan.

Sudah tahu kan hal yang perlu kamu perhatikan ketika memasak? Usahakan menggunakan dan memilih bahan makanan yang tepat dan mengikuti langkah-langkah memasak Sambal Pecel dengan benar. Selamat mencoba...!!!