SAMBAL MATAH -in Hati, saking pedesnya. Lihat juga resep Sambal Matah enak lainnya! Salah satu menu andalan agar sang anak dan suami lebih nafsu makan adalah menyediakan sambal matah sebagai pendamping lauk pauk. Saking nikmatnya sambal matah buatan Adisty, anaknya sampai bilang seperti ini kepadanya: "Bu, kalau aku sudah besar, aku mau jualan ayam geprek. Buat sebagian orang, memasak memang sesuatu yang cukup mudah. Selain memang mereka senang memasak dan memiliki talenta memasak yang cukup baik, mereka juga pintar dalam mengolah setiap masakan sehingga menjadi sajian yang enak. Namun ada pula yang tidak terampil memasak, sehingga mereka harus mencari dan melihat resep-resep yang sederhana diikuti.

SAMBAL MATAH -in Hati, saking pedesnya Sambal merupakan satu jenis menu makanan yang sangat populer di Indonesia. Ada banyak sekali jenis sambal yang membawa ciri khas dari masing-masing daerah. Salah satunya adalah sambal matah Padang yang terkenal akan kelezatannya.

Menu sarapan sehat: Buat orang tua yang sekarang ini sedang ingin mencoba memasak makanan lezat tanpa sulit, silahkan mama bisa mencoba beberapa jenis masakan sederhana ini. Selain bahan-bahannya yang sederhana diperoleh, anda juga dengan mudah mengaplikasikannya, terlebih bagi mama yang masih pemula.

Kamu dapat membuat SAMBAL MATAH -in Hati, saking pedesnya menggunakan 11 bahan yang gampang didapatkan:

Bahan utama SAMBAL MATAH -in Hati, saking pedesnya yaitu:

  1. Sediakan 5 buah of cabai.
  2. Sediakan 5 siung of bawang merah.
  3. Anda butuhkan 2 buah of serai.
  4. Anda butuhkan 2 siung of bawang putih (cincang halus).
  5. Anda butuhkan 1 sdm of air jeruk nipis.
  6. Anda butuhkan 2 helai of daun jeruk.
  7. Siapkan 5 sdm of minyak kelapa.
  8. Sediakan 1 sdt of minyak wijen.
  9. Siapkan secukupnya of Garam.
  10. Siapkan secukupnya of Kaldu Jamur.
  11. Sediakan Secukupnya of Gula.

Inilah resep yang bisa kamu tiru untuk membuat sambal matah Padang yang lezat. Makan kalau ga pake sambel kayaknya ada yang kurang ya. Meskipun saya kalau nyambel ga berani terlalu pedes yang penting ada rasa pedes-pedesnya lah. Suami saya gak suka kalau ada terasinya jadi bikin sambel tomat aja deh.

Sesudah semua bahan siap berikut sebanyak 5 cara yang memandu bagaimana meramu SAMBAL MATAH -in Hati, saking pedesnya.

Langkah-langkah membuat SAMBAL MATAH -in Hati, saking pedesnya

  1. Iris kasar cabai dan bawang merah.
  2. Iris halus serai dan daun jeruk yg telah buang tulang daunnya.
  3. Panaskan minyak kelapa, masukkan bawah putih tumis hingga kecoklatan.
  4. Tempatkan semua bahan : cabai, serai, bawang merah, daun jeruk ke dalam mangkuk dan siram dengan minyak kelapa dan bawang putih tadi..
  5. Aduk rata dan sedikit ditekan-tekan. Tambahkan minak wijen perasan jeruk nipis gula, garam dan kaldu jamur secukupnya..

Tampaknya ini sesuai dengan tagline-nya: Pedesnya bikin gembrobyos!! (berkeringat banyak), saking pedasnya. Saat itu saya memesan ayam geprek dengan sambal matah dan sambal terasi. Menurut saya, sambal matahnya kurang nendang, namun untuk sambal terasi, rasanya sangat cocok dengan si ayam gepreknya yang legit. Menu ini lengkap banget, dan isinya terdiri dari, bebek goreng, kremes, urap, sambal dan telur rebus. Dari segi rasa menurut gua cukup enak, bumbunya berasa, sambalnya pedesnya sopan, teri kacangnya tasty dan renyah dan telur rebusnya pas matengnya.

Saat memasak SAMBAL MATAH -in Hati, saking pedesnya banyak mengalami kegagalan, berikut ini beberapa tips yang perlu anda perhatikan. Berbagai cara yang perlu diperhatikan seperti memilih bahan baku. Bahan yang digunakan harus berkualitas baik dan masih segar. Alat memasak dan rempah harus dipilih yang bersih. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat tips memasak SAMBAL MATAH -in Hati, saking pedesnya agar diperoleh hasil yang sempurna.

Petunjuk memasak SAMBAL MATAH -in Hati, saking pedesnya untuk mendapatkan hasil yang sempurna

Memasak adalah kesibukan yang biasa dilakukan oleh setiap orang, namun tidak setiap orang memiliki telenta dalam memasak. Beberapa hal perlu kita perhatikan ketika sedang memasak agak menghasilkan hasil masakan SAMBAL MATAH -in Hati, saking pedesnya yang maksimal, apa sajakah itu?

  1. Penunjukan bahan makanan yang tepat juga mempengaruhi hasil masakan, mulai dari penentuan bahan yang segar akan sangat bagus karena cadangan gizinya masih sangat baik.
  2. Perangkat masak yang digunakan juga harus sesuai dengan apa yang dimasak. Serta harus diperhatikan kebersihan dari alat masak tersebut agak tidak mempengaruhi cita rasa dan kandungan gizinya.
  3. Cara memasak SAMBAL MATAH -in Hati, saking pedesnya, meliputi mana bahan-bahan apa saja yang harus diolah terlebih dahulu dan mana yang diolah belakangan dan kapan harus memasukkan bumbu-bumbu. Hal ini dilakukan agar menghasilkan olahan yang memiliki kualitas gizi dan kematangan masakan terjaga tanpa mengurangi kelezatan masakan.

Sudah tahu kan hal yang perlu kamu perhatikan ketika memasak? Usahakan menggunakan dan memilih bahan makanan yang tepat dan mengikuti langkah-langkah memasak SAMBAL MATAH -in Hati, saking pedesnya dengan benar. Selamat mencoba...!!!