Ikan Kembung Sambal dabu dabu. Renyahnya ikan goreng kembung yang di padu dengan rasa pedas asam khas sambal dabu-dabu pasti akan membuat makan siang Anda semakin nikmat. Jangan lupa sajikan dengan seporsi nasi putih hangat! Akhir pekan, enaknya makan ikan nih, Bunda, apalagi jika disajikan dengan sambal. Buat sebagian orang, memasak memang pekerjaan yang cukup mudah. Selain memang mereka suka memasak dan memiliki talenta memasak yang sangat baik, mereka juga pintar dalam mencampur setiap masakan sehingga menjadi makanan yang enak. Namun ada pula yang tidak terampil memasak, sehingga mereka harus bertanya dan melihat resep-resep yang gampang diikuti.

Ikan Kembung Sambal dabu dabu Rasanya enak dan bikinnya gampang banget. Sambal dabu-dabu merupakan sambal khas Manado. Sambal ini memang digunakan untuk penyedap berbagai makanan laut khususnya ikan bakar, tapi disini aku pakai ikan goreng.

Menu masakan sunda: Buat kamu yang saat ini sedang ingin mencoba memasak makanan lezat nggak sulit, silahkan kamu bisa mencoba beberapa jenis masakan sederhana ini. Selain bahan-bahannya yang mudah diperoleh, anda juga dengan sederhana mengaplikasikannya, terlebih bagi mama yang masih pemula.

Ibu dapat memasak Ikan Kembung Sambal dabu dabu menggunakan 12 bahan yang mudah didapatkan:

Bahan utama Ikan Kembung Sambal dabu dabu seperti berikut:

  1. Sediakan 2 ekor of ikan kembung (ukuran besar).
  2. Sediakan of Bumbu ikan:.
  3. Sediakan 1 ruas of kunyit.
  4. Siapkan 1 sdt of ketumbar.
  5. Siapkan of Garam/masako.
  6. Siapkan of Bahan sambal:.
  7. Anda butuhkan 10 of cabe rawit merah, iris.
  8. Siapkan 5 siung of bawang merah, iris.
  9. Anda butuhkan 5 siung of bawang putih, iris.
  10. Anda butuhkan 1 buah of jeruk nipis, peras.
  11. Siapkan 3 buah of tomat hijau (ukuran kecil2), potong kecil2.
  12. Anda butuhkan of Garam/masako.

Rasanya tetep endeus, ada pedas, asam, manis, pokoknya suegeerr. 😋 #Tik. Ditemani pemandangan indah kota Manado, hidangan yang disertai sambal dabu-dabu mampu membangkitkan selera makan Anda. Untuk membuat resep sambal dabu-dabu tidak sulit. Jika bingung, kamu bisa membuat ikan kembung goreng sambal dabu-dabu.

Setelah semua ramuan siap berikut sebanyak 4 langkah yang memandu bagaimana memasak Ikan Kembung Sambal dabu dabu.

Langkah-langkah meramu Ikan Kembung Sambal dabu dabu

  1. Bersihkan ikan kembung, lumuri bumbu ikan yg sudah dihaluskan, diamkan kurleb 15 menit..
  2. Sebelum digoreng, bersihkan ikan dari bumbu halus yg menempel, goreng. Sisa bumbu tadi beri air sedikit aja, setelah ikan nya setengah matang, tuang air campuran bumbu ke penggorengan lalu goreng hingga matang..
  3. Cara membuat sambal nya: campur irisan cabe dan bawang lalu remas2 (pake plastik ya tangan nya biar ga pedes), beri garam/masako lalu siram dengan minyak yg sangat panas, terakhir tambahkan tomat dan jeruk nipis. Koreksi rasa..
  4. Suir ikan yg sudah digoreng, lalu campurkan ke sambal nya, siap dihidangkan..

Ya, jenis ikan yang memiliki daging tebal dan gurih ini memang cocok dipadukan dengan sambal dabu-dabu. Nah, bagi kamu yang berdomisili di Manado, Sulawesi Utara, tentu hafal dong dengan sambal dabu-dabu? Di tempat asalnya sendiri, sambal ini memang sering disajikan dengan makanan laut. Sambal dabu-dabu merupakan salah satu jenis sambal dengan ciri khasnya yang tidak dilembutkan atau diulek, dan disiram dengan minyak panas. Sambal ini menjadi teman yang pas untuk masakan ikan kembung.

Saat memasak Ikan Kembung Sambal dabu dabu banyak mendapatkan kegagalan, berikut ini beberapa cara yang perlu anda perhatikan. Berbagai cara yang perlu diperhatikan seperti memilih bahan baku. Bahan yang digunakan harus berkualitas baik dan masih segar. Alat masak dan rempah harus memilih yang bersih. Untuk lebih detailnya, silahkan membaca tips memasak Ikan Kembung Sambal dabu dabu agar memperoleh hasil yang sempurna.

Tips memasak Ikan Kembung Sambal dabu dabu untuk memperoleh hasil yang maksimal

Memasak adalah aktivitas yang sering dikerjakan oleh setiap orang, namun tidak setiap orang memiliki kepintaran dalam memasak. Beberapa hal perlu kita perhatikan ketika sedang memasak agak menghasilkan hasil olahan Ikan Kembung Sambal dabu dabu yang maksimal, apa sajakah itu?

  1. Penunjukan bahan makanan yang tepat juga mempengaruhi hasil masakan, mulai dari penentuan bahan yang segar akan sangat bagus karena kandungan gizinya masih sangat baik.
  2. Perkakas masak yang digunakan juga harus sesuai dengan apa yang dimasak. Serta harus diperhatikan kebersihan dari alat masak tersebut agak tidak mempengaruhi cita rasa dan kandungan gizinya.
  3. Cara memasak Ikan Kembung Sambal dabu dabu, meliputi mana bahan-bahan apa saja yang harus diolah terlebih dahulu dan mana yang diolah belakangan dan kapan harus memasukkan bumbu-bumbu. Hal ini dilakukan agar menghasilkan masakan yang memiliki kualitas gizi dan rasa masakan terjaga tanpa mengurangi kelezatan masakan.

Sudah tahu kan hal yang perlu kamu perhatikan ketika memasak? Usahakan menggunakan dan memilih bahan makanan yang tepat dan mengikuti langkah-langkah memasak Ikan Kembung Sambal dabu dabu dengan benar. Selamat mencoba...!!!