Cara bikin Nasi ayam Semarang lezat

Nasi ayam Semarang. Nasi Ayam Kemuning Mbak Jum. [image source]. Tidak berbeda dengan menu serupa yang lain, nasi ayam ini berisi tahu kulit, suwiran daging ayam Itulah beberapa nasi ayam yang ad di Semarang. Konon, nasi ayam adalah salah satu kuliner nasi ayam paling legendaris di Semarang, nih. Bagi semua orang, memasak memang sesuatu yang cukup sederhana. Selain memang mereka suka memasak dan memiliki talenta memasak yang cukup baik, mereka juga pandai dalam mencampur setiap masakan sehingga menjadi makanan yang enak. Namun ada pula yang tidak dapat memasak, sehingga mereka harus mencari dan melihat resep-resep yang sederhana diikuti.

Nasi ayam Semarang Nasi ayam menyajikan cita rasa gurih yang cukup pekat karena disiram kuah opor. Pasti rugi deh kalau ke Semarang kalian nggak icip kuliner nasi ayam ini. Sekilas, nasi ayam Semarang memang menyerupai nasi liwet Solo, namun nasi ayam Semarang disajikan menggunakan sate telur puyuh, usus dan teh hangat sebagai menu pelengkapnya.

Menu sarapan pagi: Buat orang tua yang sekarang ini sedang mau mencoba membuat makanan lezat yang nggak susah, silahkan mama bisa mencoba beberapa jenis masakan sederhana ini. Selain bahan-bahannya yang sederhana didapat, anda juga dengan mudah mengaplikasikannya, terlebih bagi anda yang masih pemula.

Ibu dapat memasak Nasi ayam Semarang menggunakan 47 bahan yang mudah didapatkan:

Bahan utama Nasi ayam Semarang adalah:

  1. Anda butuhkan Bahan nasi gurih.
  2. Siapkan 2 cup nasi (sekitar 1/4 kg).
  3. Ambil 3 lembar daun salam.
  4. Sediakan 1 lembar daun pandan.
  5. Anda butuhkan Air secukupnya untuk masak nasi.
  6. Sediakan 1/2 gelas santan.
  7. Sediakan 1 sdt garam.
  8. Sediakan Bumbu opor ayam tahu telur.
  9. Anda butuhkan 1/2 kg ayam potong2.
  10. Sediakan 2 butir telur ayam.
  11. Siapkan 2 buah tahu kuning potong dua.
  12. Sediakan 1 gelas santan.
  13. Sediakan 1 ruas lengkuas geprek.
  14. Sediakan 1 batang serai geprek.
  15. Anda butuhkan 5 lembar daun jeruk.
  16. Anda butuhkan 3 lembar daun salam.
  17. Anda butuhkan 1 sdt bawang goreng.
  18. Sediakan secukupnya Air.
  19. Sediakan 1 sdm gula.
  20. Ambil 1 sdt garam.
  21. Siapkan 1/2 sdt merica bubuk.
  22. Siapkan 1/4 sdt jintan bubuk.
  23. Sediakan Bumbu halus :.
  24. Ambil 6 siung bawang merah.
  25. Siapkan 3 siung bawang putih.
  26. Siapkan 5 butir kemiri sangrai.
  27. Siapkan 1 ruas jahe bakar.
  28. Sediakan 1 cm kunyit bakar.
  29. Ambil 1 sdt ketumbar.
  30. Sediakan Minyak untuk menumis.
  31. Ambil Bumbu sambel goreng jipang :.
  32. Anda butuhkan 2 buah jipang / waluh kira2 1/4kg.
  33. Anda butuhkan 6 siung Bawang merah.
  34. Sediakan 3 siung Bawang putih.
  35. Sediakan 6 pcs Cabe merah keriting.
  36. Siapkan 3 lembar daun salam.
  37. Ambil 1 ruas Lengkuas geprek.
  38. Sediakan 1 sdm gula merah.
  39. Sediakan 10 pcs cabe rawit.
  40. Anda butuhkan 150 ml santan.
  41. Sediakan 1 sdt garam.
  42. Sediakan Sate jeroan.
  43. Sediakan 4 pasang hati ampela ayam.
  44. Ambil 2 siung bawang putih.
  45. Siapkan 2 siung bawang merah.
  46. Siapkan 3 sdm kecap manis.
  47. Siapkan 1 iris jahe.

Nasi ayam khas Semarang adalah makanan dengan isi berupa nasi liwet, telur rebus, dan suwiran ayam yang diberi kuah opor serta tambahan sambal goreng jipan. Udah lama penasaran sama nasi ayam semarang mbakyu ini, tapi baru sempat mampir. Ternyata kalo weekdays cuma jual soto ayam aja, tapi kalo weekend jual nasi goreng babat. Kuliner nasi ayam ini cukup mudah ditemukan di Semarang pada malam hari.

Setelah semua bahan siap berikut sebanyak 9 cara yang memandu bagaimana meracik Nasi ayam Semarang.

Langkah-langkah meramu Nasi ayam Semarang

  1. Nasi gurih : Campur semua bahan kedalam rice cooker. Tambahkan air sesuai ukuran masak nasi di rice cooker seperti biasa. Masak hingga matang. Cetak dipiring saji. Taburi bawang goreng..
  2. Membuat opor ayam : Tumis bumbu halus dengan minyak sedikit hingga harum lalu masukkan ayam potong. Aduk rata. Beri jintan, garam, gula, merica. Aduk hingga harum..
  3. Beri air secukupnya dan santan. Aduk rata..
  4. Masukkan tahu & telur rebus. Aduk2 hingga bumbu meresap..
  5. Membuat sambal goreng jipang : iris2 jipang/ waluh seukuran korek api. Remas2 dengan garam untuk membuang getah & melembutkan. Lalu cuci bersih. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak lalu masukkan daun salam..
  6. Beri air secukupnya hingga mendidih lalu masukkan jipang/waluh. Aduk rata hingga matang. Beri santan. Kecilkan api. Aduk2 agar santan tidak pecah..
  7. Koreksi rasa & matikan api sesudah bumbu terserap..
  8. Membuat Sate jeroan ayam : rebus semua bahan hingga bumbu terserap & air menyusut. Tata di tusukan sate..
  9. Sajikan dengan kerupuk.

Biasa dujual di pusat kuliner, hingga tenda sederhana pinggir jalan. Salah satu yang tersohor adalah Nasi Ayam Bu.. Mendengar kata nasi ayam, bukan berarti nasi dan ayam goreng seperti biasa. Nasi ayam yang dimaksud di sini adalah kuliner khas Semarang yang mirip seperti nasi liwet dengan sayur berkuah. Salah satunya adalah nasi ayam Semaran.

Saat memasak Nasi ayam Semarang banyak memperoleh kegagalan, berikut ini beberapa cara yang perlu anda perhatikan. Berbagai cara yang perlu diperhatikan seperti pemilihan bahan baku. Bahan yang digunakan harus berkualitas bagus dan masih segar. Alat memasak dan rempah harus gunakan yang bersih. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara memasak Nasi ayam Semarang agar mendapatkan hasil yang sempurna.

Petunjuk membuat Nasi ayam Semarang agar memperoleh hasil yang sempurna

Memasak adalah kegiatan yang biasa dilaksanakan oleh setiap orang, namun tidak setiap orang memiliki telenta dalam memasak. Beberapa hal perlu kita perhatikan ketika sedang memasak agak menghasilkan hasil olahan Nasi ayam Semarang yang maksimal, apa sajakah itu?

  1. Penentuan bahan makanan yang tepat juga mempengaruhi hasil masakan, mulai dari penentuan bahan yang segar akan sangat bagus karena kandungan gizinya masih sangat baik.
  2. Peralatan masak yang digunakan juga harus sesuai dengan apa yang dimasak. Serta harus diperhatikan kebersihan dari alat masak tersebut agak tidak mempengaruhi cita rasa dan kandungan gizinya.
  3. Cara memasak Nasi ayam Semarang, meliputi mana bahan-bahan apa saja yang harus diolah terlebih dahulu dan mana yang diolah belakangan dan kapan harus memasukkan bumbu-bumbu. Hal ini dilakukan agar menghasilkan masakan yang memiliki kualitas gizi dan rasa masakan terjaga tanpa mengurangi kelezatan masakan.

Sudah tahu kan hal yang perlu kamu perhatikan ketika memasak? Usahakan menggunakan dan memilih bahan makanan yang tepat dan mengikuti langkah-langkah memasak Nasi ayam Semarang dengan benar. Selamat mencoba...!!!