Cara membuat Mie Ayam Jamur sempurna

Mie Ayam Jamur. Buat sebagian orang, memasak memang pekerjaan yang cukup gampang. Selain memang mereka hobbi memasak dan memiliki talenta memasak yang cukup baik, mereka juga kreatif dalam mencampur setiap masakan sehingga menjadi sajian yang lezat. Namun ada pula yang tidak dapat memasak, sehingga mereka harus belajar dan melihat resep-resep yang sederhana diikuti.

Mie Ayam Jamur

Menu sarapan sehat: Buat orang tua yang saat ini sedang mau mencoba membuat makanan lezat yang tanpa susah, silahkan kamu bisa mencoba beberapa jenis masakan sederhana ini. Selain bahan-bahannya yang mudah didapat, anda juga dengan gampang mengaplikasikannya, terlebih bagi saudara yang masih pemula.

Kamu dapat membuat Mie Ayam Jamur menggunakan 22 bahan yang gampang didapatkan:

Bahan-bahan Mie Ayam Jamur yaitu:

  1. Ambil 1 bungkus mie telur.
  2. Sediakan 1 ikat sawi (rebus dgn air dan garam).
  3. Ambil secukupnya bakso sapi.
  4. Anda butuhkan ▶ ayam semur:.
  5. Anda butuhkan 250 gram dada ayam (potong dadu).
  6. Anda butuhkan 2 sdm kecap manis.
  7. Sediakan 3 sdm saus tiram.
  8. Ambil 8 buah bawang putih (cincang halus).
  9. Siapkan 1/2 sdt jahe bubuk.
  10. Anda butuhkan 1/2 sdt merica bubuk.
  11. Siapkan 750 ml air.
  12. Siapkan secukupnya jamur merang.
  13. Sediakan ▶ kuah:.
  14. Anda butuhkan 2 sdt bawang putih bubuk.
  15. Siapkan 1/2 sdt merica bubuk.
  16. Anda butuhkan sedikit kaldu ayam bubuk (optional).
  17. Anda butuhkan secukupnya garam.
  18. Sediakan secukupnya air.
  19. Sediakan ▶pelengkap:.
  20. Sediakan 1 batang daun bawang.
  21. Anda butuhkan secukupnya bawang goreng.
  22. Anda butuhkan sesuai selera sambal.

Setelah semua bahan siap berikut sebanyak 8 cara yang memandu bagaimana meramu Mie Ayam Jamur.

Petunjuk membuat Mie Ayam Jamur

  1. Cuci bersih sawi dan rebus dgn di air mendidih yg sudah ditambah garam. Masak selama 2 menit. Tiriskan. Sisihkan. Setelah itu rebus juga bakso. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak di wajan/ teflon. Jika sudah panas tumis bawang putih cincang hingga harum, lalu masukkan ayam yg sudah di potong dadu. Tumis hingga ayam berubah warna, lalu masukkan air. Masukkan juga jahe bubuk, merica bubuk, kecap manis dan saus tiram. Aduk hingga rata. Masak hingga ayam berwarna coklat dan air menyusut. Cek rasa, rasa ayamnya manis gurih ya. (garis yg ada di teflon adalah jml air awal yg saya pakai sampe akhirnya menyusut tinggal sebanyak yg di gambar).
  3. Bila air sudah berkurang banyak dan ayam sudah berwarna coklat, pindahkan ayam (ayamnya aja, tanpa kuah) ke mangkuk. Tambahkan air sedikit ke teflon berisi kuah ayam semur tadi, aduk2 hingga rata lalu masukkan jamur yg sudah di cuci bersih. Masak selama 2-3 menit. Jgn kelamaan yaa nanti jamurnya hancur. Jika sudah matang pindahkan jamur (jamurnya aja) ke mangkuk. Kuahnya campurkan ke mangkuk isi ayam yg tadi.
  4. Rebus mie di air mendidih selama 2 menit atau sampai kekenyalannya cukup. Tiriskan. Sisihkan. Buat ngetes kenyalnya bisa dicoba dimakan aja yaa biar lebih akurat 😂.
  5. Kuah: didihkan air, masukkan bawang putih bubuk, merica dan kaldu bubuk secukupnya. Tambahkan bakso. Aduk rata dan masak hingga bakso mengapung. Sajikan di mangkuk kecil dengan taburan daun bawang.
  6. Tata mie di mangkuk. Bumbui dengan 1 sdm kecap asin dan merica, campurkan hingga merata. Tambahkan sawi, ayam dan jamur di atas mie (kuah ayam semurnya juga diikutin yaa, makin banyak makin yummy). Terakhir taburkan daun bawang. Sajikan dgn kuah dan bakso dan sambal. Mie ayam siap dinikmati 😁.
  7. Tips: (1) kalo di resep aslinya mba trixie gayatri ayam dan jamur masaknya barengan, tapi saya pilih dipisah karena kalo dicampur nanti jamurnya ngga bisa keliatan stand out cantik gituu hehe. Tapi kalo mau dimasak bareng boleh juga yaa (2) saya masak ayam semur ini nggak nambah garam dan gula sama sekali karena menurut saya udah pas 😁(3) mienya saya beli di giant, mie nya basah (tp bukan mie kuning) dan memang khusus buat mie ayam kayanya. Kalo mau diganti bisa pake mie telur yg di pasaran.
  8. (4) kuahnya saya masak asal aja sebenernya, cuma buat biar ada kuahnya. Soalnya di solo semua mie ayam pasti ada kuahnya. Karena rasa ayam semurnya udah pekat jadi rasa kuahnya nggak perlu terlalu asin, toh nanti makannya juga dicampur kan. Tapi sesuai selera aja (5) mie ayam ini bisa dimakan pake kuah atau tanpa kuah. Kalo mau tanpa kuah brti kuah ayam semurnya ditambah ya pas penyajian..

Saat memasak Mie Ayam Jamur banyak mengalami kegagalan, berikut ini beberapa cara yang perlu anda perhatikan. Berbagai cara yang perlu diperhatikan seperti memilih bahan baku. Bahan yang digunakan harus berkualitas baik dan masih segar. Alat masak dan rempah harus gunakan yang bersih. Untuk lebih detailnya, silahkan membaca cara memasak Mie Ayam Jamur agar memperoleh hasil yang sempurna.

Tips memasak Mie Ayam Jamur agar mendapatkan hasil yang maksimal

Memasak adalah aksi yang sering dilaksanakan oleh setiap orang, namun tidak setiap orang memiliki kepintaran dalam memasak. Beberapa hal perlu kita perhatikan ketika sedang memasak agak menghasilkan hasil buatan Mie Ayam Jamur yang maksimal, apa sajakah itu?

  1. Pemilahan bahan makanan yang tepat juga mempengaruhi hasil masakan, mulai dari pemilihan bahan yang segar akan sangat bagus karena kandungan gizinya masih sangat baik.
  2. Perkakas masak yang digunakan juga harus sesuai dengan apa yang dimasak. Serta harus diperhatikan kebersihan dari alat masak tersebut agak tidak mempengaruhi cita rasa dan kandungan gizinya.
  3. Cara memasak Mie Ayam Jamur, meliputi mana bahan-bahan apa saja yang harus diolah terlebih dahulu dan mana yang diolah belakangan dan kapan harus memasukkan bumbu-bumbu. Hal ini dilakukan agar menghasilkan olahan yang memiliki kualitas gizi dan rasa masakan terjaga tanpa mengurangi kelezatan masakan.

Sudah tahu kan hal yang perlu kamu perhatikan ketika memasak? Usahakan menggunakan dan memilih bahan makanan yang tepat dan mengikuti langkah-langkah memasak Mie Ayam Jamur dengan benar. Selamat mencoba...!!!