Resep Semur Daging Sapi Enak Banged

Advertisement

Resep Semur Daging Sapi – Resep semur daging sapi memang cukup beragam. Ada yang berasal dari Betawi, Sunda, Jawa Tengah, dan lain-lain. Namun, Kawan Zonamasak.com tidak perlu khawatir karena semua resep semur dari beragam daerah tersebut hampir dijamin enak rasanya. Hidangan semur daging sapi memang tidak pernah absen mengisi meja makan khususnya pada saat hari raya idul fitri, idul adha, maupun acara besar lainnya. Walaupun begitu, hidangan yang satu ini juga bisa Kawan Zonamasak.com masukkan dalam daftar menu mingguan. Salah satu tips penting saat membuat resep semur daging sapi adalah takaran bumbu dan porsi daging harus pas agar hasilnya nanti bisa enak dan bumbunya meresap dengan sempurna.

Semur sendiri sebenarnya sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Awalnya resep semur daging sapi bernama “smoor” yang dalam bahasa Belanda berarti teknik memasak yang dilakukan dengan cara merebus daging dalam waktu lama dengan api yang kecil. Kata tersebut kemudian di adaptasi ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata “semur” seperti yang Kawan Zonamasak.com kenal sekarang ini. Pada resep semur daging sapi, bahan baku utama yang perlu disiapkan tentu adalah daging sapi.

Resep Semur Daging Sapi

Resep Semur Daging Sapi

Untuk membuatnya, sebaiknya pilih daging sapi khas dalam karena lebih enak dan juga lebih empuk saat sudah matang tetapi juga bisa menggunakan daging sapi pada bagian lain. Takaran dari bahan yang pas menjadi kunci utama agar semur yang dibuat bisa terasa enak dan juga empuk. Berikut adalah beberapa bahan-bahan dan juga bumbu-bumbu yang diperlukan dalam resep semur daging sapi, lengkap dengan takarannya.

Advertisement

Resep Semur Daging Sapi | Cara Membuatnya

Bahan Semur Daging Sapi :

Bahan Semur Daging Sapi

Bahan Semur Daging Sapi

  1. Daging sapi sebanyak 500 gram, sebaiknya pilih daging sapi khas dalam.
  2. Kecap manis sebanyak 100 ml atau sesuai selera. Usahakan untuk memilih kecap manis yang paling kental.
  3. Garam setengah sendok teh atau sesuai selera.
  4. Gula pasir secukupnya
  5. Gula merah secukupnya
  6. Merica bubuk setengah sendok teh
  7. Minyak goreng secukupnya
  8. Air 1,2 liter
  9. Batang serai sebanyak 2 batang
  10. Pala utuh 1 buah atau bisa diganti dengan pala bubuk dengan takaran setengah sendok teh.
  11. Cengkeh kering sebanyak 5 buah

Salah satu tips untuk bisa menghasilkan resep semur daging sapi yang enak dan juga empuk adalah memilih daging yang memiliki kualitas baik, baik itu untuk daging sapi khas dalam atau daging dari sapi pada bagian yang lain.

Daging sapi berkualitas biasanya berwarna merah cerah dan tidak pucat karena jika warnanya pucat, ada kemungkinan bahwa daging tersebut adalah daging sisa kemarin dan sudah tidak fresh lagi. Selain itu, jangan pula pilih daging yang memiliki tekstur yang kenyal, berbau amis dan mengeluarkan banyak cairan.

Bumbu Semur Daging Sapi :

  1. Cabai merah besar 5 buah
  2. Bawang merah 8 siung
  3. Bawang putih 3 siung
  4. Kemiri 3 buah
  5. Jahe ukuran 4 cm atau 1 ruas jari
  6. Tomat 1 buah

Setelah semua bahan dan bumbu sudah tersedia. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan dalam resep semur daging sapi adalah cara memasak hidangan tersebut. Sebelumnya ada beberapa peralatan yang harus Kawan Zonamasak.com siapkan seperti wajan dan juga perlengkapan lainnya.

Untuk memasak hidangan daging sapi yang satu ini, sebenarnya hanya membutuhkan waktu 1 jam 15 menit saja. 30 menit untuk persiapan dan 45 menit lainnya untuk proses memasak. Waktu yang cukup singkat untuk bisa menghasilkan hidangan yang enak dan pasti membuat ketagihan.

Cara Membuat Semur Daging Sapi :

Cara Membuat Semur Daging Sapi

Cara Membuat Semur Daging Sapi

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan daging sapi yang akan digunakan pada resep semur daging sapi. Potong daging sesuai dengan selera Kawan Zonamasak.com. Usahakan untuk tidak memotongnya dengan ukuran yang sangat besar atau sangat kecil. Jangan lupa untuk memukul-mukul daging tersebut agar hasil semur daging sapi yang dihasilkan lebih empuk.
  1. Siapkan panci yang sudah diisi 1,2 liter air, kemudian masukkan daging sapi yang sudah dipotong-potong serta dipukul-pukul tadi. Rebus daging tersebut selama kurang lebih 1 jam atau sampai daging sapi empuk. Tambahkan pula garam untuk menambah rasa dari dagingnya.
  1. Selagi menunggu daging masak, Kawan Zonamasak.com bisa menghaluskan berbagai bumbu seperti bawang merah, bawang putih, tomat, kemiri, cabai merah, dan juga jahe.
  1. Jika daging sudah empuk, angkat daging tersebut kemudian tiriskan.
  1. Tumis bumbu-bumbu dari resep semur daging sapi yang sudah dihaluskan dengan minyak secukupnya sampai tercium aroma harum.
  1. Setelah tercium aromanya, tambahkan cengkeh, merica, garam secukupnya, pala bubuk, dan juga batang serai yang sudah dimemarkan. Jika tidak ada pala bubuk, sebaiknya haluskan dulu pala yang akan digunakan atau iris tipis pala tersebut. Aduk sampai semua bumbu tercampur dengan rata dan sempurna.
  1. Masukkan daging sapi yang sebelumnya sudah ditiriskan pada tumisan bumbu. Aduk perlahan agar daging tidak hancur. Aduk sampai daging terebut tercampur sempurna dan juga merata dengan semua bumbu tumisan.
  1. Masukkan kecap manis dan juga sedikit air rebusan dari daging. Aduk sampai rata. Jika rasa dari semur tersebut kurang asin, Kawan Zonamasak.com bisa menambahkan sedikit garam dan juga gula merah sesuai dengan selera. Aduk perlahan dan biarkan sampai sedikit mengental.
  1. Rasakan kembali semur dengan resep semur daging sapi yang sedang dimasak. Jika dirasa masih ada yang kurang, Kawan Zonamasak.com bisa menambahkan penyedap rasa lainnya yang dibutuhkan. Aduk kembali sampai bumbu tercampur rata. Cicipi sekali lagi, jika sudah pas rasanya, segera angkat semur tersebut untuk dihidangkan.

Resep semur daging sapi di atas hanya salah satu resep sederhana yang masih bisa dikreasikan dengan memadukan bahan-bahan lain atau menggunakan bahan lain sebagai bahan utama pengganti daging sapi seperti kentang atau daging ayam, tentunya dengan beberapa penyesuaian terhadap tekstur dan cita rasanya. Kini membuat hidangan semur daging sapi baik untuk menu spesial atau harian bukan lagi hal yang sulit, bukan? Yang perlu dilakukan hanya mengikuti langkah-langkah pada resep di atas.

Resep Masakan Lainnya : Cara Membuat Bumbu Sate Maranggi

Jika Kawan Zonamasak.com ingin memasak melebihi takaran yang tercantum pada resep, jumlahnya cukup disesuaikan dengan menggunakan takaran di atas sebagai patokan. Ingat, yang terpenting adalah proses peresapan bumbu ke dalam daging. Jadi Kawan Zonamasak.com harus benar-benar memastikan takaran air yang pas agar semua bumbu bisa meresap sempurna. Sekian penjelasan mengenai resep semur daging sapi yang enak dan empuk. Semoga bisa menambah referensi list masakan sehat untuk keluarga di rumah.

Advertisement