Resep Rendang Daging Sapi Khas Padang

Advertisement

Resep Rendang Daging Sapi – Resep rendang daging sapi khas Padang memang menjadi salah satu resep paling dicari di berbagai situs pencarian, khususnya pada saat idul fitri maupun idul adha. Hidangan rendang memang selalu menjadi primadona di seluruh pelosok tanah air. Makanan khas Padang tersebut memang memiliki rasa khas dan sangat enak. Tidak mengherankan jika resep rendang daging sapi masuk dalam jajaran sepuluh makanan paling enak di dunia. Perpaduan rasa pedas serta rasa gurih dari santan dan bumbu-bumbu rempah yang meresap sempurna pada daging sapi membuat siapa pun tidak akan mampu menolak saat disuguhi hidangan istimewa ini.

Sebenarnya dengan hanya menggunakan satu resep rendang daging sapi khas Padang seperti yang akan dibahas kali ini, Kawan Zonamasak.com bisa membuatnya menjadi tiga macam masakan berbeda dengan bahan baku dan juga bumbu yang sama. Ketiga masakan tersebut adalah:

  1. Gulai, jika kuah santannya masih banyak.
  2. Kalio, jika kuah santannya tinggal sedikit tetapi belum sepenuhnya kering.
  3. Rendang, apabila kuah santannya benar-benar sudah kering dan meresap sempurna pada daging sapi.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk membuat resep rendang daging sapi. Salah satunya adalah bahan baku utama yang tidak lain dan tidak bukan adalah daging sapi. Bahan baku lainnya yang tidak kalah penting adalah santan. Usahakan untuk menggunakan santan yang dibuat langsung dari kelapa asli. Berikut takaran dari daging dan juga santan yang harus disiapkan untuk membuat resep rendang daging sapi.

Advertisement

Resep Rendang Daging Sapi

Resep Rendang Daging Sapi

Resep Rendang Daging Sapi

Bahan Utama Rendang Daging Sapi :

  1. Untuk daging sapi siapkan kurang lebih 2000 gram, buang lemaknya kemudian potong dengan ukuran sedang.
  2. Untuk santannya, siapkan 1 liter santan kental dan 1 liter santan cair.

Selain bahan baku utama yang dibutuhkan dalam resep rendang daging sapi, ada beberapa bumbu lain yang juga harus dipersiapkan. Berikut beberapa macam bumbu-bumbu tersebut.

Bumbu – Bumbu Yang Dibutuhkan :

Bahan Rendang Daging Sapi

Bahan Rendang Daging Sapi

  1. Bawang putih 7 siung
  2. Bawang merah 14 siung
  3. Cabai merah keriting 100 gram atau sesuai selera
  4. Cabai merah besar 100 gram atau sesuai selera
  5. Kemiri 6 buah
  6. Ketumbar ½ sendok makan
  7. Garam 2 ½ sendok teh
  8. Pala bubuk ½ sendok teh
  9. Jinten yang sudah disangrai sebanyak 1 sendok teh
  10. Kunyit yang sudah dibakar dan dibersihkan kulitnya ukuran 1 ruas ibu jari
  11. Jahe ukuran 2 cm, kemudian bakar dan bersihkan kulitnya
  12. Lengkuas 1 ruas ibu jari saja

Berbagai macam bumbu-bumbu di atas kemudian dihaluskan. Setelah semua bahan baku utama dan bumbu-bumbu pelengkap untuk resep rendang daging sapi asli Padang sudah siap, ada beberapa hal lain yang juga perlu disiapkan seperti peralatan memasak termasuk wajan atau bisa juga panci. Sebenarnya ada beberapa bumbu-bumbu pelengkap lain yang juga tidak boleh ketinggalan khususnya saat membuat rendang daging sapi khas dari daerah Padang. Berikut daftarnya.

Bumbu – Bumbu Pelengkap :

  1. Daun kunyit 3 lembar, ikat menjadi satu simpul
  2. Daun jeruk 5 lembar
  3. Daun serai yang sudah dimemarkan sebanyak 3 batang
  4. Asam kandis ukuran 3 cm atau sesuai selera

Setelah semua bahan, bumbu-bumbu sudah dihaluskan, peralatan sudah siap, serta bumbu pelengkap juga sudah ada, sekarang saatnya memasak rendang daging sapi khas Padang. Berikut langkah-langkahnya:

Cara Membuat Rendang Daging Sapi

Cara Membuat Rendang Daging Sapi

  1. Masukkan santan, bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan, beserta dengan daun kunyit, daun jeruk, daun serai dan juga asam kandis ke dalam wajan berukuran besar. Aduk perlahan sampai semua bumbunya tercampur rata.
  1. Masak campuran santan tersebut sambil terus diaduk dengan perlahan agar tidak pecah dengan menggunakan api sedang. Masak sampai kurang lebih selama 30 menit kemudian masukkan daging sapi yang sudah dibersihkan dan sudah dipotong secara perlahan, letakkan potongan daging tersebut secara merata jangan menumpuk pada satu bagian saja.
  1. Aduk terus sampai santan mulai mengeluarkan minyak dan daging sapi sudah mulai matang. Jangan lupa untuk tetap memasak campuran tersebut dengan api sedang. Jika ingin memasak gulai dengan resep rendang daging sapi ini, Kawan Zonamasak.com bisa selesai sampai tahap yang satu ini. Tetapi jika ingin membuat Kalio, sebaiknya masakan terus diaduk sampai santannya tinggal tersisa setengahnya saja. Namun, jika ingin membuat rendang seperti yang sudah direncanakan, aduk terus sampai santannya mengering.
  1. Setelah santannya mengering atau sudah berubah menjadi minyak. Matikan api, kemudian angkat rendang.

Sama seperti masakan lain, untuk membuat hasil dari resep rendang daging sapi lebih enak dan juga lebih menggigit, Kawan Zonamasak.com harus memilih bahan baku yang berkualitas baik. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam memilih daging sapi mana yang berkualitas baik dan mana yang tidak. Daging sapi yang berkualitas baik adalah daging yang masih fresh dan bukan daging beku.

Jangan Lewatkan Juga Resep Olahan Daging Sapi Lainnya  :

Pilihlah daging sapi yang memiliki tekstur yang kenyal serta warna dagingnya merah cerah dan juga tidak pucat. Hindari memilih daging sapi yang sudah berbau asam atau busuk serta banyak mengeluarkan cairan untuk dijadikan bahan utama dalam resep rendang daging sapi.

Beberapa tips sederhana yang bisa digunakan saat memasak resep rendang daging sapi khas Padang yang akan membuat rendang daging sapi semakin enak dan menggigit saat disantap adalah:

  1. Untuk membuat rendang daging sapi yang empuk, sebaiknya gunakan bahan daging sapi yang masih baru dan pilih bagian-bagian yang tidak mengandung banyak lemak. Hindari menggunakan daging yang sudah dibekukan karena cita rasanya pasti berbeda dan kurang sedap.
  1. Untuk memotong daging yang akan digunakan untuk rendang sebaiknya dipotong melintang dari urat daging sehingga teksturnya akan lebih empuk. Potong daging dalam bentuk persegi dengan ukuran sedang agar tidak hancur saat dimasak.
  1. Hindari penggunaan santan instan saat memasak resep rendang daging sapi. Sebaiknya pilihlah santan murni yang diperas langsung dari kelapa. Selain lebih fresh, hasil dari rendang juga akan lebih gurih.
  1. Agar daging tidak mudah hancur saat disimpan, sebaiknya Kawan Zonamasak.com memisahkan daging rendang dengan bumbunya setelah matang. Kemudian setelah bumbunya dingin, daging yang tadi diangkat bisa dimasukkan atau dicampurkan kembali.

Penjelasan dari resep rendang daging sapi khas Padang di atas memang hanya salah satu resep sederhana yang bisa Kawan Zonamasak.com coba saat ingin memasak rendang. Cukup mudah dan simpel, bukan? Walaupun begitu hasilnya pasti akan menggoyang lidah siapa pun yang mencicipinya.

Baca Juga : Resep Rawon Daging Sapi Yang Enak

Sebenarnya masih banyak lagi resep rendang baik untuk daging sapi maupun dari bahan-bahan lain yang tidak kalah nikmat, seperti daging kambing, daging ayam, telur, paru, dan lain sebagainya. Semoga resep rendang daging sapi di atas bisa bermanfaat, khususnya bagi Kawan Zonamasak.com yang sedang mencari resep rendang daging sapi.

Advertisement