Resep Rawon Daging Sapi Khas Jawa Timur

Advertisement

Resep Rawon Daging Sapi – Resep rawon daging sapi memang sudah banyak sekali beredar di internet. Tidak hanya itu saja, masakan khas Indonesia ini juga menjadi salah satu resep yang wajib masuk ke dalam buku panduan masakan tanah air. Hampir semua masyarakat Indonesia mengenal jenis masakan berkuah ini, khususnya masyarakat dari daerah Jawa Timur karena rawon merupakan sajian khas dari daerah ini. Hampir semua daerah di Jawa Timur bisa ditemukan penjual yang menjajakan kuliner khas rawon, baik di restoran ataupun pedagang kaki lima. Salah satu daerah Jawa Timur yang terkenal akan rawonnya adalah Pasuruan. Selain itu, masyarakat Jawa Tengah khususnya daerah Surakarta juga sudah cukup familiar dengan masakan ini, yang tentunya sudah disesuaikan dengan lidah Jawa Tengah.

Masakan Jawa Timur ini memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan berbagai olahan masakan Indonesia lainnya. Ciri khasnya yaitu terletak pada resep rawon daging sapi yang mana menggunakan bumbu kluwek. Bumbu masakan kluwek ini yang membuat kuah rawon memiliki warna khas yaitu hitam. Walaupun kuahnya hitam, jangan dikira rawon ini tidak enak. Justru kluwek lah kunci kelezatan dari sajian ini. Tidak hanya itu saja, untuk menambah kelezatannya, rawon memiliki bahan utama berupa potongan daging sapi yang telah dipotong kecil-kecil agar mudah saat dimakan.

Olahan resep rawon daging sapi umumnya sangat cocok untuk disuguhkan pada saat acara hajatan seperti pernikahan, khitan, ataupun acara lain. Tidak hanya itu saja, sajian daging sapi ini juga sangat pas untuk dikonsumsi sendiri bersama keluarga tercinta. Untuk melengkapi sajiannya, rawon biasanya dipadukan dengan tauge kecil yang segar. Untuk Kawan Zonamasak.com yang sangat menyukai masakan pedas, rawon juga bisa dipadukan dengan sambal misalnya sambal terasi atau hanya cabai rebus yang diuleg halus. Selain itu, sebagai menu pelengkap, rawon akan semakin nikmat jika didampingi dengan kerupuk. Jenis kerupuk yang paling pas adalah krupuk udang atau kerupuk ikan.

Advertisement
Resep Rawon Daging Sapi

Resep Rawon Daging Sapi

Selain itu, rawon daging sapi juga sangat nikmat jika dihidangkan untuk menemani sepiring nasi yang hangat. Selain itu, biasanya masih ada lauk pelengkap saat menyantapnya yang berupa irisan daging empal empuk atau bisa juga dipadukan dengan perkedel kentang. Masyarakat Jawa Timur sendiri juga sering mengkreasikan resep rawon daging sapi ini dengan berbagai jenis sayuran. Contoh dari sayuran yang biasa dipadukan ke dalam kuah rawon adalah labu siam atau bisa juga dengan sayur kangkung. Perpaduan sayuran disesuaikan dengan selera pembuat. Namun, jika ada warung-warung makan yang menyediakan nasi rawon sapi ini, mereka umumnya tidak menggunakan sayuran dalam campuran kuahnya agar cita rasa dagingnya tetap kental terasa.

Proses memasak rawon juga terbilang cukup mudah untuk dipraktekkan sendiri di rumah. Bahan-bahan yang ada dalam resep rawon daging sapi banyak ditemukan di pasaran. Bagi Kawan Zonamasak.com yang ingin mencoba membuatnya, berikut resep rawon daging sapi mulai dari bahan-bahannya hingga cara memasaknya yang cukup simpel.

Resep Rawon Daging Sapi

Bahan Rawon Daging Sapi

Bahan Rawon Daging Sapi

Bahan-bahan untuk resep rawon daging sapi:

  1. 500 gram daging sapi, bisa diiris tipis-tipis selebar tiga jari atau dipotong menjadi dadu kecil-kecil (sesuai selera Kawan Zonamasak.com)
  2. 1 ruas lengkuas
  3. 2 batang daun serai, memarkan terlebih dahulu
  4. Daun salam, secukupnya
  5. Daun jeruk, secukupnya
  6. Tauge, secukupnya atau sekitar satu genggaman
  7. Garam dapur, secukupnya
  8. 2 buah tomat segar, diiris tipis-tipis
  9. Air
  10. Minyak goreng, secukupnya

Bumbu halus untuk resep rawon daging sapi:

  1. 3 siung bawang putih
  2. 4 siung bawang merah
  3. 4 buah cabai rawit
  4. 3 buah kluwek, pecahkan kulitnya dan ambil isi kluwek tersebut kemudian rendam dengan air panas
  5. 2 buah kemiri
  6. Jahe, sekitar 2 cm atau sesuai selera
  7. Kunyit, sekitar 2 cm atau sesuai selera
  8. Asam jawa, sekitar satu ruas saja
  9. Ketumbar, secukupnya
  10. 3 batang daun bawang, diiris menjadi kecil-kecil
  11. Garam dapur, secukupnya

Bahan-bahan sambal untuk resep rawon daging sapi:

  1. Terasi, sekitar 2 cm atau sesuai selera Kawan Zonamasak.com
  2. 4 siung bawang merah
  3. 5 buah cabe rawit
  4. Garam, secukupnya
  5. Gula, secukupnya

Cara membuat resep rawon daging sapi:

Cara Membuat Rawon Daging Sapi

  1. Cuci bersih daging sapi terlebih dahulu kemudian siapkan air untuk merebus daging. Setelah air mendidih, masukkan daging dan rebus sampai tekstur benar-benar menjadi empuk. Jika dirasa sudah empuk, angkat daging dan diiris bentuk dadu kecil-kecil atau sesuai selera Kawan Zonamasak.com.
  1. Air kaldu dari rebusan daging tersebut jangan dibuang karena bisa dipakai sebagai kuahnya. Daging yang sudah dipotong-potong kecil kemudian dimasukkan kembali ke dalam air kaldu tersebut.
  1. Masukkan pula bahan-bahan dari resep rawon daging sapi tersebut seperti serai, daun jeruk, daun bawang, gula, dan garam ke dalam air kaldu. Kecilkan api.
  1. Tumis bumbu resep rawon daging sapi yang telah dihaluskan terlebih dahulu. Bumbu tersebut ditumis hingga harum. Setelah bumbu matang, masukkan ke dalam panci rebusan daging, lalu aduk rata dan koreksi rasanya.
  1. Aduk sesekali kuah rawon dan tunggu hingga benar-benar mendidih.
  1. Masukkan tomat segar yang telah dipotong-potong ke dalam kuah. Tunggu sebentar lalu angkat. Kuah rawon daging sapi sudah siap dihidangkan.

Cara membuat sambal terasi dari resep rawon daging sapi:

  1. Goreng bawang merah dan cabai rawit. Setelah matang angkat.
  2. Siapkan cobek untuk menghaluskan cabai rawit, bawang merah, terasi, garam dan gula.
  3. Haluskan bahan sambal tersebut sampai benar-benar halus. Sambal terasi sudah jadi dan sajikan di wadah yang terpisah.

Untuk menyiapkan rawon tersebut, ambil mangkuk untuk kuahnya lalu isi dengan tauge kecil segar. Kemudian masukkan kuah beserta daging sapi ke dalam mangkuk yang sudah berisi tauge. Dalam penyajiannya, Kawan Zonamasak.com bisa melengkapi rawon dengan nasi hangat. Bisa juga didampingi dengan lauk lain seperti telur asin, empal daging atau juga perkedel kentang serta disantap dengan sambal dan kerupuk udang.

Baca Juga  : Resep Gulai Daging Sapi

Satu hal yang harus diingat adalah cara merebus dagingnya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa memasak daging sapi bukanlah perkara mudah. Jika tidak tahu aturannya, bisa-bisa daging sapi yang dimasak masih keras dan alot. Karena itu, rebuslah dengan api kecil atau sedang. Jangan lupa untuk sesekali mencoba tekstur dagingnya apakah sudah empuk atau belum. Itu juga menjadi alasan mengapa Kawan Zonamasak.com perlu memotong-motong dagingnya menjadi bentuk kecil. Itulah tips dan tahapan-tahapan sederhana dalam membuat resep rawon daging sapi. Bagaimana sangat mudah bukan? Kawan Zonamasak.com bisa menikmati rawon daging sapi tersebut bersama dengan keluarga di rumah. Resep rawon daging sapi ini juga bisa dibagikan kepada kerabat-kerabat lainnya yang belum pernah mencoba kuliner ini. Dijamin, siapa pun yang sudah mencicipi rawon pasti ketagihan dan ingin mencobanya lagi.

Advertisement