Resep Masakan Bistik Daging Sapi Rumahan

Advertisement

Resep Masakan Bistik Daging Sapi Rumahan – Resep masakan bistik daging sapi merupakan salah satu hidangan olahan daging merah yang menjadi favorit keluarga. Masakan ini terkadang tidak perlu dihidangkan bersama nasi sehingga siapa pun yang tidak bisa makan banyak, tetap bisa menyantapnya. Resep masakan bistik daging sapi ini berupa olahan daging yang dimasak dengan kuah rempah gurih dan manis serta disajikan bersama kentang yang digoreng maupun dikukus. Beberapa sayuran seperti wortel dan buncis yang dikukus juga bisa menjadi tambahan. Biasanya, daging juga disajikan dengan kuahnya agar lebih nikmat. Ada yang menyebutnya kuah tapi ada juga yang menyebutnya saus, tergantung masing-masing selera. Pasalnya, tekstur kuah yang disajikan bersama dengan daging bisa dibuat encer maupun kental.

Berbicara tentang asal-usul makanan Nusantara memang tidak ada habisnya. Asal resep masakan bistik daging sapi ini adalah dari Belanda. Tentu saja, karena jika dilihat dari bentuknya nampaknya tidak mungkin jika menu tersebut asli masakan Nusantara. Jadi, bistik adalah masakan yang dibawa oleh Belanda ke Indonesia, yang kemudian dimodifikasi sesuai selera orang pribumi. Nama asli hidangan ini adalah biefstuk dan merupakan makanan utama orang-orang Belanda dalam rijsttafel. Bistik ini dimakan bersama dengan kentang, sayuran kacang polong dan wortel. Hidangan ini oleh orang-orang pribumi diubah menjadi teman makan nasi dengan mengubah bumbu-bumbunya agar sesuai dengan lidah pribumi. Maka jadilah resep masakan bistik daging sapi yang Kawan Zonamasak.com kenal sekarang ini.

Resep masakan bistik daging sapi yang akan disajikan kali ini tidak memakai terlalu banyak rempah yang sulit. Cukup rempah yang biasa digunakan di rumah. Memasaknya pun tidak membutuhkan banyak waktu dan tentunya hemat tenaga. Biasanya, sajian ini menjadi pilihan menu makan siang atau makan malam keluarga tercinta. Berikut bahan-bahan dan cara memasak resep masakan bistik daging sapi rumahan.

Advertisement

Resep Masakan Bistik Daging Sapi

Resep Masakan Bistik Daging Sapi

Resep Masakan Bistik Daging Sapi

Bahan-bahan resep masakan bistik daging sapi rumahan :

  1. Daging sapi sebanyak ¼ kilogram
  2. Mentega secukupnya
  3. Tomat sebanyak 3 buah

Bumbu-bumbu:

  1. Garam secukupnya
  2. Gula pasir secukupnya
  3. Pala secukupnya
  4. Lada secukupnya
  5. Kecap manis secukupnya

Bahan pelengkap (opsional):

  1. Kentang
  2. Wortel
  3. Brokoli
  4. Buncis
  5. Kacang polong
  6. Bawang goreng

Cara membuat resep masakan bistik daging sapi rumahan:

Cara Membuat Bistik Daging Sapi

Cara Membuat Bistik Daging Sapi

  1. Haluskan bumbu-bumbu berupa pala, lada, dan garam secukupnya.
  1. Siapkan daging dengan mencucinya hingga bersih.
  1. Siapkan panci, rebus daging sapi hingga
  1. Setelah empuk, angkat daging dan iris tipis-tipis sesuai selera. Lumuri dengan bumbu yang telah dihaluskan, tusuk-tusuk daging dengan garpu agar bumbu cepat meresap dan biarkan selama dua jam.
  1. Siapkan wajan penggorengan, panaskan mentega di atasnya. Goreng daging yang telah didiamkan sebentar, angkat sampai sebelum berubah warna.
  1. Rebus tomat yang dipotong-potong, angkat dan ambil airnya. Campurkan air tomat dengan sedikit garam dan gula pasir secukupnya.
  1. Cairkan mentega sedikit di atas wajan, tambahkan kecap serta air tomat yang telah dicampur gula dan garam.
  1. Masukkan daging sapi ke dalam kuah tersebut dan masak hingga kuah mengental.
  1. Siapkan bahan pelengkap yang sudah direbus atau digoreng, sajikan bersama dengan bistik daging sapi.
  1. Resep masakan bistik daging sapi ala rumahan siap disajikan.

Bagaimana cara membuat bistik daging sapi di atas? Mudah atau sulit? Apapun pendapat Kawan Zonamasak.com, resep ini patut dicoba terutama untuk penggemar masakan daging sapi. Meskipun sudah disajikan bersama dengan kentang yang digoreng atau direbus, hidangan ini juga bisa menjadi lauk pauk untuk menemani nasi yang mengenyangkan perut.

Ada beberapa tips untuk melengkapi resep masakan bistik daging sapi ini. Yang pertama adalah untuk pilihan kuah bistik. Jika ingin kuah bistik yang lebih kental, dapat menambahkan tepung maizena yang telah dilarutkan dengan air. Namun jika memakai cara ini, maka bumbu yang dipakai harus ditambahkan lagi agar rasanya lebih mantap. Jika ingin kuah yang encer, bisa ditambahkan air putih. Tentunya pilihan ini sesuai dengan selera masing-masing. Namun biasanya kuah encer digunakan apabila bistik akan dimakan bersama nasi putih. Jadi, ada banyak variasi yang bisa ditambahkan jika ingin mencoba resep masakan bistik daging sapi yang lebih bervariasi. Untuk kuah yang kental juga bisa ditambahkan bawang bombai yang sudah ditumis agar terasa lebih sedap. Kacang polong juga biasanya ditambahkan dalam kuah versi kental untuk menambah gizinya.

Bistik Daging Sapi

Bistik Daging Sapi

Tips berikutnya adalah penambahan bahan pelengkap. Bahan pelengkap yang ditambahkan sifatnya opsional. Untuk kentang, variasi yang bisa dipakai adalah dikukus atau rebus, lalu kentang goreng atau jika ingin lebih variatif, Kawan Zonamasak.com dapat membuat kentang tumbuk. Untuk sayuran juga berbeda-beda. Ada yang hanya menambahkan wortel dan buncis, ada juga yang memakai brokoli dan kacang polong. Selain itu, ada juga tambahan lain sebagai pelengkap saat memakan bistik. Jika berbicara tentang daging dan kentang, apalagi kalau bukan saus sambal dan saus tomat. Bistik dengan tambahan kedua saus tersebut tentunya akan semakin lezat dan sedap. Jangan lupa juga baca Resep Rolade Daging Sapi atau Resep Pizza Hut Enak.

Selain berbagai macam bahan yang digunakan dalam resep masakan bistik daging sapi rumahan tersebut, ada juga yang memakai kaldu daging sebagai kuah untuk bistik. Namun hal itu tentunya akan memakan waktu lama, sehingga bistik dengan kuah dari air tomat dirasa lebih praktis dan tidak memakan banyak tenaga. Namun, jika memang ingin menambahkan rasa kaldu pada kuah, bisa menggunakan kaldu bubuk yang banyak dijual di pasaran. Dengan begitu rasa kaldu bisa didapat serta dengan tetap menyingkat waktu dan menyimpan tenaga.

Resep masakan bistik daging sapi yang telah dibahas adalah menu sajian untuk satu orang saja. Jika ingin memasak untuk jumlah orang lebih banyak, maka yang harus diperhatikan adalah bumbu yang dipakai. Bumbu yang dipakai tentunya gandakan dengan jumlah porsinya, namun akan lebih baik jika dilebihkan, karena biasanya bumbu yang hanya digandakan tersebut rasanya tidak sekuat jika dibuat satu persatu.

Memakan bistik hasil resep masakan bistik daging sapi memang akan memuaskan perut dan hati. Selain itu, gizi yang dibutuhkan oleh tubuh juga akan terpenuhi. Kandungan protein, lemak, karbohidrat, dan zat lain dalam daging sapi akan memberi energi untuk beraktivitas. Selain itu, karbohidrat dalam kentang juga ikut menyumbang energi. Kentang juga dikatakan lebih rendah kalori dibandingkan nasi, sehingga bagus untuk yang tidak ingin makan nasi yang berkalori tinggi. Sayuran yang dikukus juga jauh lebih sehat karena kandungan yang tetap terjaga dibandingkan jika dimasak dengan cara direbus. Jadi, apabila Kawan Zonamasak.com ingin memakan variasi sehat dari resep masakan bistik daging sapi, maka akan lebih baik jika bahan pelengkapnya dikukus.

Demikianlah pembahasan resep untuk kali ini. Semoga masakan bistik ini bisa menjadi pilihan bagi Kawan Zonamasak.com yang bingung memikirkan menu makan siang dan makan malam. Resep masakan bistik daging sapi ini bisa jadi menu andalan untuk keluarga di rumah.

Advertisement