Resep Krengsengan Daging Sapi Khas Jawa Timur

Advertisement

Resep Krengsengan Daging Sapi – Berbagai macam resep krengsengan daging sapi dikembangkan untuk memenuhi kepuasan para penikmat kuliner. Para penggemar masakan daging pasti tidak asing lagi dengan menu yang akan dibahas berikut ini. Krengsengan daging sapi yang biasa dimakan sebagai menu sehari-hari masyarakat Jawa ini memang mempunyai cita rasa yang sulit dilupakan. Empuknya daging sapi yang dimasak dengan berbagai macam rempah dan bumbu khas Jawa memang tidak pernah gagal menggugah selera. Menu yang satu ini sering ditemui di berbagai rumah makan, khususnya di rumah makan khas Jawa Tengah atau Jawa Timur. Kawan Zonamasak.com akan lebih sering menemukan menu ini di warung tegal atau yang biasa disebut warteg. Namun nyatanya, jika telusuri lebih dalam, resep krengsengan daging sapi berasal dari wilayah timur pulau Jawa.

Untuk resep krengsengan daging sapi yang akan dibagikan kepada Kawan Zonamasak.com berikut ini adalah resep khas dari Jawa Timur. Masakan dari provinsi tersebut terkenal lebih pedas dibandingkan dengan yang biasa dihidangkan di Jawa Tengah. Maka untuk yang tidak terlalu menyukai tingkat kepedasan tinggi, disarankan mengurangi jumlah bahan-bahan bersifat pedas yang akan dipakai.

Resep Krengsengan Daging Sapi

resep-krengsengan-daging-sapi

Advertisement

Bahan-bahan utama resep krengsengan daging sapi khas Jawa Timur:

  1. Daging sapi ½ kilogram
  2. Tomat merah segar 2 buah
  3. Air putih sebanyak 300 mililiter
  4. Minyak untuk menumis, boleh diganti mentega atau margarin

Bumbu-bumbu yang harus dihaluskan:

  1. Bawang putih 3 sampai 4 siung
  2. Bawang merah 7 sampai 8 siung
  3. Cabai merah keriting 5 buah, boleh dikurangi
  4. Cabai rawit sesuai selera, disarankan 3 sampai lima siung saja
  5. Kemiri yang telah disangrai 2 buah

Bumbu pelengkap untuk resep krengsengan daging sapi khas Jawa Timur:

  1. Garam secukupnya
  2. Gula pasir secukupnya
  3. Lada putih bubuk secukupnya
  4. Petis udang sebanyak 2 sendok makan
  5. Kecap manis 2 sendok makan
  6. Cabai merah besar 3 buah, iris secara serong

Bahan pelengkap :

  1. Bawang goreng sesuai selera
  2. Daun bawang yang telah dipotong-potong (jumlahnya sesuai selera)

Cara membuat resep krengsengan daging sapi khas Jawa Timur:

cara-membuat-krengsengan-daging-sapi

  1. Siapkan panci, isi dengan air selanjutnya masak hingga air mendidih.
  1. Potong daging tipis-tipis, masukkan ke dalam panci berisi air mendidih. Pastikan semua bagian daging terendam agar benar-benar mendapat tekstur akhir yang empuk. Setelah agak empuk, matikan api dan buang air agar kotoran dan busa yang keluar bisa terbuang.
  1. Haluskan bumbu-bumbu yang harus dihaluskan berupa bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit, dan lada putih bubuk. Bisa memakai ulegan atau memakai blender.
  1. Siapkan wajan penggorengan dengan api sedang atau kecil, beri minyak, margarin, atau mentega secukupnya.
  1. Setelah wajan penggorengan cukup panas, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan tumis hingga harum.
  1. Setelah bumbu yang ditumis mulai harum, masukkan daging yang telah direbus, aduk hingga bumbu melumuri daging dengan sempurna. Lalu masak daging hingga berubah warna dan bumbu meresap.
  1. Tuangkan kecap manis, garam dan gula secukupnya, serta petis udang. Aduk semua bahan agar tercampur merata.
  1. Masukkan 300 mililiter air yang telah disiapkan, aduk kembali.
  1. Masukkan cabai merah besar yang sudah dipotong dan tomat yang sebelumnya telah dipotong menjadi 8 bagian. Aduk kembali.
  1. Masak semua bahan tersebut hingga daging benar-benar empuk
  1. Matikan api, angkat dan hidangkan resep krengsengan daging sapi. Tambahkan bawang goreng dan daun bawang sesuai selera di atas hidangan.

Selain bahan-bahan dan cara membuat untuk porsi 4 orang yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa tips tambahan yang bisa Kawan Zonamasak.com lakukan agar resep krengsengan daging sapi yang dibuat menjadi lebih lezat. Yang pertama adalah, setelah daging sapi dicuci (sebelum direbus) lumuri dengan air jeruk nipis. Asam yang terkandung dalam air jeruk nipis akan membuat daging menjadi lebih empuk dan menghilangkan bau amis yang mungkin masih tersisa meskipun yang digunakan adalah daging segar. Selain itu, tomat yang dipakai lebih baik adalah tomat merah. Rasa asam dari tomat merah lebih rendah dibandingkan tomat hijau, sehingga tidak akan menghilangkan rasa rempah lainnya. Jumlahnya pun dapat dikurangi atau ditambah sesuai selera. Sama halnya dengan air. Jika air yang ditambahkan dirasa kurang, maka boleh menambahkan air lagi. Namun, jangan terlalu banyak air karena akan memperlama durasi memasak. Resep krengsengan daging sapi yang terlalu lama dimasak akan menjadi terlalu keras.

krengsengan-daging-sapi

Tips lainnya adalah mengenai cabai. Tentunya masing-masing Kawan Zonamasak.com memiliki selera yang berbeda-beda tentang bahan yang satu ini. Pada dasarnya, rasa yang menjadi dasar resep krengsengan daging sapi khas Jawa Timur ini adalah rasa gurih, manis dan rempah. Maka tidak masalah jika mengurangi jumlah cabai yang dipakai dalam resep daging sapi ini. Tingkat kepedasan yang ada dalam resep adalah semata-mata karena masyarakat Jawa Timur lebih menyukai sensasi pedas dalam masakan mereka.

Sekilas cara memasak dari resep krengsengan daging sapi ini terlihat rumit dan banyak langkah-langkahnya. Namun sebenarnya cara memasak dalam resep ini sederhana saja. Selain itu banyak variasi yang dapat ditambahkan dalam memasak, seperti menambahkan bahan lain selain daging. Tentunya bahan yang ditambahkan harus cocok dengan cita rasa daging sapi, contohnya kentang. Selain diiris tipis-tipis, daging sapi juga bisa diiris menjadi bentuk dadu. Jika diiris menjadi dadu, perhatikan betul takaran air dan lama waktu memasak. Karena daging bentuk dadu lebih tebal, maka waktu memasak harus tepat, tidak boleh terlalu lama agar daging tidak menjadi terlalu keras, tapi juga tidak terlalu singkat agar bagian dalam daging yang digunakan dalam resep krengsengan daging sapi benar-benar matang. Jangan ketinggalan juga resep masakan lainnya seperti Resep Masakan Bistik Daging Sapi dan Resep Rolade Daging Sapi.

Meskipun cukup banyak yang harus diperhatikan dalam resep krengsengan daging sapi ini, hasil akhirnya tentu akan memuaskan. Terlebih lagi jika krengsengan pedas tersebut dimakan bersama nasi putih yang masih mengepul. Pasti lezatnya tidak tertandingi. Selain itu, kandungan gizi yang didapat tidak kalah dengan rasa yang dihasilkan. Berbagai bumbu yang dipakai mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Daging sapi yang kaya protein dan lemak memberi energi lebih untuk tubuh dalam menghadapi aktivitas selanjutnya. Dengan banyaknya manfaat yang diberikan, tidak ada salahnya resep krengsengan daging sapi khas Jawa Timur ini menjadi pilihan menu makan malam keluarga.

Dengan memasak masakan sendiri, keluarga dan orang-orang terdekat juga akan senang dan puas. Ini bisa menjadi cara tersendiri bagi Kawan Zonamasak.com dalam mengungkapkan rasa sayang terhadap orang-orang terdekat. Maka dari itu, menu yang telah dibahas kali ini yaitu resep krengsengan daging sapi dapat menjadi pilihan sajian untuk dihidangkan kepada keluarga tercinta.

Advertisement