Resep Bumbu Sate Padang Asli Khas Indonesia

Advertisement

Resep Bumbu Sate Padang – Kawan Zonamasak.com pasti tahu bahwa salah satu kelebihan masakan-masakan Indonesia adalah rasanya yang sangat nikmat karena penggunaan banyak rempah-rempah. Salah satu kota yang kaya akan rempah-rempah adalah kota Padang. Tak heran kota ini menjadi salah satu surga wisata kuliner di tanah air. Salah satu masakan yang populer adalah sate Padang. Resep bumbu sate Padang yang asli juga sangat mudah untuk dibuat.

Sate Padang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan sate lain. Jika sate pada umumnya menggunakan bumbu kacang, resep bumbu sate Padang yang enak tergantung pada kuah kuningnya yang terbuat dari campuran rempah-rempah dan tepung beras. Selain itu, sate Padang juga menggunakan daging sapi atau kerbau bukan ayam atau kambing. Inilah yang membuatnya berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan kuliner sate lainnya.

sate padang

sate padang

Sebelum membahas mengenai resep bumbu sate Padang asli, tidak ada salahnya mengenal lebih dahulu asal mula sate Padang di Indonesia. Sate Padang ternyata telah ada sejak lama di Indonesia. Kuliner ini pertama kali hadir di kota Padang Panjang tanpa diketahui jelas siapa pelopor masakan tersebut. Beberapa pemuda dan peziarah banyak yang mengaji ke kota Pariaman sehingga kuliner sate Padang ikut terbawa ke kota Pariaman dengan beberapa sentuhan dan bumbu baru.

Advertisement

Hingga saat ini, ada 3 jenis sate Padang yang ada di Indonesia yaitu Sate Padang Panjang, Sate Pariaman dan Sate Padang Kota. Sate Padang Panjang berkuah kuning karena kunyit, Sate Padang Pariaman berkuah merah karena cabai merah dan Sate Padang Kota berwarna kecokelatan. Untuk kali ini, Resep bumbu sate Padang yang akan diberikan untuk kawan Zonamasak.com adalah resep bumbu sate Padang asli dari Padang Panjang. Berikut bahan-bahan dan cara membuatnya.

Resep Bumbu Sate Padang

resep bumbu sate padang

resep bumbu sate padang

Bahan-Bahan:

  1. ½ kg daging sapi
  2. 50 gram tepung beras
  3. ½ liter air
  4. 2 cm kunyit
  5. 2 cm jahe
  6. 1 cm lengkuas
  7. 2 lembar daun jeruk
  8. ½ potong asam kandis

Bumbu Sate Padang yang Dihaluskan:

  1. 5 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 4 buah cabe merah

Bumbu tambahan:

  1. ¼ sendok teh adas bubuk
  2. 1 sendok teh garam
  3. ½ sendok makan ketumbar bubuk
  4. ½ sendok teh jinten bubuk
  5. ½ sendok teh merica bubuk
  6. minyak goreng secukupnya

Pelengkap Sate Padang Asli:

  1. Lontong atau ketupat
  2. Bawang goreng
  3. Daun Pisang dipotong persegi

Cara Membuat Sate Padang Asli Berkuah Kuning Pedas:

cara membuat sate padang

cara membuat sate padang

  1. Langkah pertama berdasarkan resep bumbu sate Padang asli adalah menyiapkan daging sapi. Daging sapi yang disiapkan harus dipotong menjadi 2 sampai 4 bagian besar dan sisihkan. Walaupun sate Padang asli bisa juga menggunakan daging kerbau, tetapi mayoritas masyarakat Indonesia lebih memilih daging sapi sebagai bahan utamanya karena lebih familiar di lidah.
  2. Langkah kedua berdasarkan resep bumbu sate Padang adalah menyiapkan bumbu-bumbunya. Pertama, kawan zonamasak.com harus menghaluskan 5 siung bawang putih, 5 siung bawang merah dan 4 buah cabe merah menjadi satu hingga benar-benar halus. Kemudian, cincang kunyit, jahe dan lengkuas hingga menjadi potongan-potongan kecil. Terakhir, siapkan 2 lembar daun jeruk.
  3. Langkah berikutnya untuk resep bumbu sate Padang asli adalah membuat campuran bumbu. Pertama, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum. Kedua, masukkan jahe, kunyit dan lengkuas yang telah dicincang dan aduk hingga tercampur dengan rata. Tambahkan 2 lembar daun jeruk dan tumis semua campuran hingga harum. Selanjutnya, tambahkan adas bubuk, ketumbar bubuk, jinten bubuk, merica bubuk dan asam kandis. Tumis semua bumbu campuran tersebut hingga harum. Sisihkan setengah bumbu campuran di tempat lain. Jika ingin cara yang lebih cepat, Kawan Zonamasak.com bisa langsung mencampur bumbu halus, bumbu bubuk dan asam kandis menjadi satu dan memasaknya bersamaan secara langsung.
  4. Resep bumbu sate Padang asli berikutnya adalah memasak daging sapi. Kawan Zonamasak.com harus memasukkan daging sapi yang telah dipotong besar ke dalam bumbu campuran yang telah harum. Masak daging dan bumbu tersebut dalam nyala api kecil atau sedang hingga benar-benar meresap dan air dari daging mulai mengering. Tunggu hingga daging sudah terasa empuk.
  5. Langkah selanjutnya dalam resep bumbu sate Padang adalah membuat sate tusuk. Jika daging dirasa sudah benar-benar empuk, angkat daging dan sisihkan. Daging yang telah matang harus dipotong lagi menjadi potongan-potongan kecil sesuai dengan selera. Setelah itu, masukkan potongan kecil tersebut ke tusukan. Jumlah daging sapi dalam satu tusukan biasanya 4 sampai 5 potongan.
  6. Resep bumbu sate Padang selanjutnya adalah membakar sate. Caranya adalah dengan melumuri permukaan daging sapi dengan minyak dan bumbu campuran yang telah disisihkan. Pastikan bahwa lumuran bumbu dan minyak benar-benar dioleskan secara merata agar rasanya lebih nikmat. Setelah itu, bakar daging sapi beberapa menit tanpa harus kering karena daging telah matang sebelumnya. Terakhir, sajikan sate Padang di dalam wadah atau piring saji.
  7. Langkah selanjutnya dan paling utama dari resep bumbu sate Padang adalah membuat kuah kuning pedas. Pertama, Kawan Zonamasak.com harus memasak 50 gram tepung beras dan ½ liter air hingga tercampur rata. Lalu, tambahkan sisa bumbu campuran dari proses pembakaran daging ke dalam kuah tepung beras dan aduk hingga benar-benar tercampur secara merata. Lalu, tambahkan garam sesuai dengan selera Kawan Zonamasak.com. Terakhir, tunggu kuah kuning hingga matang dan mendidih.
  8. Langkah terakhir dari resep bumbu sate Padang adalah menyajikan sate dengan kuah kuning pedas. Letakkan daun pisang yang telah dipotong persegi di atas permukaan piring saja. Siapkan lontong atau ketupat yang telah dipotong kotak-kotak atau sesuai dengan selera kawan zonamasak.com. Selanjutnya, letakkan sate Padang yang telah dibakar sebelumnya di atas potongan lontong atau ketupat. Siram sate dan lontong tersebut dengan kuah kuning pedas yang masih panas. Terakhir, berikan taburan bawang goreng di atas sate Padang kuah kuning pedas tersebut. Ini akan menambah cita rasa gurih pada hidangan tersebut.

Itulah salah satu resep mengenai bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sate Padang panjang yang asli dengan kuah kuning yang pedas. Resep bumbu sate Padang di atas adalah contoh yang paling mudah. Kawan Zonamasak.com bisa membuat kreasi dari jenis sate Padang lainnya sesuai dengan selera masing-masing. Jika ingin mencoba rasa baru, Kawan Zonamasak.com bisa menggunakan daging kerbau yang memang khas Padang.

Baca Resep Sate Lainnya : Cara Membuat Bumbu Sate Maranggi

Semoga artikel mengenai resep bumbu sate Padang ini bisa memberikan inspirasi dalam membuat menu masakan tradisional yang nikmat tetapi tetap mudah dibuat. Selamat berkreasi dengan resep bumbu sate Padang sesuai dengan inovasi dan kreativitas masing-masing.

Advertisement