Cara Menghias Tumpeng Agar Lebih Berkelas

Advertisement

Cara Menghias Tumpeng – Pernahkah Kawan Zonamasak.com belajar tentang cara menghias tumpeng? Menghias tumpeng bukan merupakan hal yang mudah jika belum tahu tata caranya. Sebelumnya, mari bahas sedikit tentang salah satu makanan khas Indonesia ini. Tumpeng merupakan makanan yang sering hadir dalam acara selamatan atau acara spesial lainnya. Penyajian tumpeng dilakukan dengan menghadirkan nasi kuning sebagai bahan utamanya dan dihias dengan sayur-sayuran. Tumpeng bisa disajikan sebagai sesuatu yang sakral dalam sebuah acara yang sakral pula. Hadirnya tumpeng pasti membuat sebuah acara menjadi lebih bermakna.

Cara menghias tumpeng bisa kawan Zonamasak.com pelajari di sini, sekaligus tentang cara pembuatannya. Kreasi nasi kuning dari Indonesia ini sangat mudah untuk dibuat. Bumbu-bumbu yang digunakan dalam pembuatannya adalah rempah-rempah asli Indonesia yang akan membuat masakan menjadi lebih sedap dan meresap ke dalam nasi kuning. Nasi kuning merupakan nasi putih biasa yang telah dibumbui dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan cita rasa yang lebih gurih dan nikmat. Hampir semua orang menyukai nasi tumpeng, mulai dari kalangan anak-anak, remaja, hingga orang tua. Bahan dasarnya yang bergizi ditambah dengan sayur-sayuran segar membuat tumpeng mempunyai nilai gizi yang patut untuk diperhitungkan. Sebelum menuju cara menghias tumpeng, Kawan Zonamasak.com harus mempelajari dulu cara membuat tumpeng di bawah ini.

Resep membuat tumpeng lezat, komplit, enak, dan bergizi beserta cara menghias tumpeng yang cantik dan sederhana bisa Kawan Zonamasak.com dapatkan di sini. Waktu memasak yang perlu dipersiapkan adalah sekitar 40 menit untuk persiapan dan 100 menit untuk proses memasaknya. Berikut bahan-bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat tumpeng.

Advertisement

Cara Menghias Tumpeng Agar Lebih Berkelas

Cara Menghias Tumpeng Agar Lebih Berkelas

Cara Menghias Tumpeng Agar Lebih Berkelas

Bahan dan Bumbu Utama Membuat Tumpeng:

  1. 3 liter beras, cuci hingga bersih
  2. Santan kental seperempat liter
  3. 1 serai, memarkan
  4. 1 sendok makan kunyit. Parut dan rebus. Setelah itu saring dan buang ampasnya
  5. Daun salam sebanyak 3 lembar
  6. Daun pandan sebanyak 2 lembar dan bentuklah menjadi simpul tali
  7. Garam 1 sendok makan (secukupnya saja)

Cara Menghias Tumpeng dan Bumbu Pelengkapnya:

  1. Dendeng sapi
  2. Tumis tempe atau kering tempe
  3. Perkedel kentang
  4. Telur dadar yang diiris-iris tipis
  5. Kacang goreng

Bahan Hiasan Tumpeng :

Bahan Hiasan Tumpeng

Bahan Hiasan Tumpeng

  1. Daun pisang
  2. Mentimun
  3. Kacang panjang
  4. Cabe merah
  5. Wortel yang telah dibentuk menjadi bunga lalu direbus
  6. Tomat
  7. Seledri
  8. Lobak
  9. Sawi
  10. Selada
  11. Daun bawang
  12. Abon sapi

Alat Menghias Tumpeng :

  1. Siapkan cutter untuk memotong dan juga mengiris sayuran agar menjadi lebih cantik. Pastikan cutter yang digunakan bersih dan tajam. Dengan demikian, hasil irisan untuk hiasan pun terpotong dengan rapi.
  2. Kawan Zonamasak.com perlu menyediakan pisau yang tajam untuk membuat pola seperti guratan bunga dan juga pola yang unik lainnya pada sayuran seperti cabai merah dan tomat.
  3. Mould adalah pisau yang biasa digunakan untuk memotong buah. Dalam resep dan cara menghias tumpeng, pisau ini bisa digunakan untuk membuat hiasan kecil dari sayuran hingga berbentuk bulatan-bulatan dalam ukuran yang kecil.
  4. Lidi sebagai alat terakhir bisa digunakan sebagai alat untuk menyambung sayuran ketika menghias tumpeng.

Cara Membuat Dan Menghias Tumpeng :

  1. Pertama, satukan santan yang telah disediakan dengan kunyit serta daun pandan. Tambahkan pula serai dan juga daun salam. Berikan garam secukupnya lalu didihkan.
  1. Kukuslah beras menjadi adonan setengah matang. Kawan Zonamasak.com bisa mengukus beras tersebut menggunakan panci yang sesuai.
  1. Langkah berikutnya adalah tuangkan santan yang telah mendidih ke dalam beras yang telah dikukus sebelumnya.
  1. Aduk-aduk kembali dan kukus hingga adonan menjadi matang.

Setelah nasi kuning matang, diamkan sebentar supaya tidak terlalu panas ketika dicetak menjadi tumpeng. Persiapkan untuk hiasan tumpeng sambil menunggu proses tersebut. Cara menghias tumpeng bisa dilakukan setelah hiasan untuk tumpeng selesai dibuat. Apa saja yang perlu dibuat untuk menghias tumpeng:

  1. Alas untuk tumpeng

Persiapkanlah tampah dan berikan alas daun pisang di atas tampah tersebut. Setelah diberikan alas, Kawan Zonamasak.com bisa membuat hiasan dengan menggunakan daun pisang yang dibentuk menjadi segitiga lancip. Supaya tumpeng terlihat lebih cantik, hiasilah sekelilingnya menggunakan kacang panjang yang ditusukkan ke lidi agar terlihat seperti pagar tumpeng yang cantik.

  1. Membuat hiasan bunga mawar

Cara menghias tumpeng berikutnya adalah dengan membuat hiasan berupa tomat dalam bentuk bunga mawar. Hiasan bunga mawar bisa pula dibuat dengan menggunakan mentimun. Kupas kulit ari tomat secara hati-hati dan bentuklah melingkar. Supaya hasil terlihat lebih cantik, potong hati-hati sehingga kulitnya tidak terputus. Kawan Zonamasak.com bisa meletakkan hiasan tomat dan mentimun berbentuk mawar di sekitar tumpeng.

  1. Membuat hiasan aster

Hiasan wortel bisa melengkapi cara menghias tumpeng menjadi lebih unik. Bentuk bunga aster bisa dibuat dari wortel yang dipotong bulat dan dibentuk menggunakan pisau agar lebih rapi. Letakkan bunga aster yang terbuat dari wortel di semua area pojok tumpeng. Nah, setelah semua hiasan tersebut selesai dipersiapkan, cara menghias tumpeng pun bisa dimulai.

Langkah Menghias Tumpeng :

Langkah Menghias Tumpeng

Langkah Menghias Tumpeng

  1. Cara menghias tumpeng yang pertama adalah dengan membentuk segitiga dari nasi kuning yang telah matang menggunakan cetakan tumpeng. Letakkan nasi di bagian tengah tampah yang telah dialasi.
  1. Setelah nasi kuning selesai dicetak dan pagar dari kacang pun telah terbuat dengan sempurna, langkah berikutnya adalah dengan meletakkan bermacam-macam lauk pelengkap yang telah disediakan di atas seperti perkedel, dendeng sapi, abon sapi, kering tempe, dan telur dadar di sekitar area tumpeng. Letakkan secara berkeliling agar terlihat lebih cantik.
  1. Langkah selanjutnya adalah meletakkan hiasan bunga mawar dari tomat dan mentimun, hiasan bunga aster, lobak, seledri, dan semua bahan yang belum diletakkan ke dalam area tumpeng. Susunan ini bisa dilakukan sesuai dengan selera Kawan Zonamasak.com.
  1. Langkah terakhir adalah menghias nasi dengan menggunakan kacang goreng membentuk tulisan. Jika tumpeng tersebut digunakan untuk acara ulang tahun, bisa diukir nama yang berulang tahun.

Baca Resep Lainnya : Resep Pizza Hut Enak Untuk Keluarga

Mudah bukan membuat dan cara menghias tumpeng di atas? Kawan Zonamasak.com bisa mengkreasikan lagi hiasan-hiasan lainnya. Rasanya tidak perlu untuk memesan tumpeng lagi untuk acara selamatan. Mengkreasikan sendiri menu tersebut akan terasa lebih istimewa hasilnya. Sajikan tumpeng yang spesial untuk acara penting keluarga. itulah resep cara menghias tumpeng spesial. Pastikan semua alat-alat dan bahan yang digunakan sudah dicuci dengan bersih sehingga hasilnya tidak hanya cantik, namun juga sehat dan bergizi tinggi. Selamat mencobanya sendiri di rumah dan semoga mendapatkan hasil yang istimewa.

Advertisement