Cara Membuat Sambal Ijo Yang Nikmat

Advertisement

Cara Membuat Sambal Ijo – Jika anda seorang pedagang masakan padang,  tentunya sudah paham betul bagaimana cara membuat sambal ijo. Namun bagi anda yang hanya penikmatnya dan belum pernah membuatnya, pasti tidak tahu bagaimana cara membuat sambal ijo ini. Sambal ijo adalah salah satu kreasi sambal yang sering kita jumpai di warung masakan padang.

Memang benar masakan padang sangat cocok dinikmati bersama sambal ijo. Namun selain masakan padang, sambal ini juga pas dinikmati bersama lauk pauk yang lain. Sambal tersebut akan lebih nikmat dinikmati bersama makanan yang memiliki cita rasa asin. Oleh sebab itu, sambal ijo biasa dinikmati bersama aneka lauk yang digoreng seperti bebek goreng, ayam goreng, ikan goreng, dan masih banyak lagi.

Sambal Ijo merupakan salah satu kreasi sambal yang memiliki banyak penggemar. Tak heran jika banyak orang yang ingin tahu bagaimana cara membuat sambal ijo yang nikmat. Sambal ini mempunyai cita rasa yang khas karena terbuat dari cabai hijau yang menjadi bahan utamanya.

Advertisement
Sambal Ijo

Sambal Ijo

Walaupun sebagian orang menganggap bahwa rasa sambal ijo agak sedikit pahit, namun banyak orang yang sangat menyukai cita rasanya. Sensasi pedas cabai hijau berbeda dari cita rasa cabai yang lain. Ini membuatnya menjadi salah satu sambal yang unik untuk melengkapi setiap hidangan anda.

Seperti membuat sambal pada umumnya, cara membuat sambal ijo juga bisa dibilang cukup mudah. Anda hanya perlu menumbuk setiap bahan yang diperlukan sampai halus sampai dapat dinikmati dengan enak. Bahan yang diperlukan pun tidak terlalu banyak, yang jelas cabai hijaulah yang akan menjadi bahan utamanya. Untuk lebih lengkapnya, bisa anda simak penjelasan mengenai cara membuat sambal ijo berikut ini.

Cara Membuat Sambal Ijo dan Bahan Bahannya

Bahan Bahan Sambal Ijo

Bahan Bahan Sambal Ijo

Bahan-bahan Membuat Sambal Ijo:

  1. Cabai hijau besar sebanyak 250 gram. Cabai hijau pada cara membuat sambal ijo harus dibersihkan dan dibuang tangkainya.
  2. Jika anda menyukai rasa yang lebih pedas lagi, anda dapat menambahkan cabai rawit sebanyak 50 gram.
  3. Bawang merah 4 siung.
  4. Bawang putih 2 siung saja.
  5. Jika anda menyukai rasa yang agak sedikit asam, dapat pula menambahkan tomat hijau segar sebanyak 2 buah dan air perasan jeruk nipis sebanyak setengah sendok teh. Rasa asam yang diberikan dari kedua bahan tersebut akan menghasilkan sambal ijo yang lebih segar. Ini adalah sala satu rahasia dalam cara membuat sambal ijo.
  6. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng setiap bahan yang sudah disiapkan.

Hanya dengan menggunakan semua bahan yang telah disebutkan tadi, sambal ijo buatan anda akan terasa kurang nikmat. Sambal yang akan dihasilkan jika hanya menggunakan bahan-bahan tersebut akan terasa kurang pas. Anda memerlukan beberapa bumbu tambahan lain dalam cara membuat sambal ijo supaya. Sajian yang anda buat terasa semakin nikmat. Berikut ini adalah bumbu-bumbu yang diperlukan dalam resep cara membuat sambal ijo.

  1. Untuk menambahkan rasa asin, anda memerlukan garam yang dapat ditambahkan sesuai selera.
  2. Anda dapat menambahkan secukupnya untuk menciptakan cita rasa manis dalam sambal ijo buatan anda.

Cara Membuat Sambal Ijo :

Cara Membuat Sambal Ijo

Cara Membuat Sambal Ijo

  1. Potong cabai hijau dan cabe rawit menjadi beberapa potongan kecil yang sekiranya akan memudahkan anda dalam menumbuknya.
  2. Rebus semua bahan yang sudah disiapkan yaitu cabai hijau besar, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat hijau sekitar 5 menit.
  3. Angkat dan tiriskan bahan-bahan tersebut lalu tumbuk kasar hingga semua bahan tercampur.
  4. Tumis tumbukan kasar tadi sampai layu lalu tambahkan garam, gula, serta air jeruk. Aduk rata hingga sambal matang.
  5. Cara membuat sambal ijo sudah selesai dan siap dinikmati.

Mudah bukan cara membuat sambal ijo di atas? Cara tersebut dapat anda kreasikan lebih lanjut jika menyukai cita rasa lain yang mungkin akan cocok dengan rasa unik cabai hijau. Jangan lupa cicipi rasa manis dan asinnya apakah sudah pas atau belum.

Baca Juga : Cara Membuat Sambal Kacang Ala Rumah

Jangan sampai terlalu asin atau manis karena hal tersebut akan merusak kelezatan dari sambal anda. Kini, anda dapat berimprovisasi dan menciptakan cara membuat sambal ijo versi anda sendiri dan menikmatinya bersama orang-orang tersayang.

Advertisement