Cara Membuat Sambal Dabu-Dabu dan Bahannya

Advertisement

Cara Membuat Sambal Dabu-Dabu – Dengan cara membuat sambal dabu-dabu yang mudah, anda dapat menikmati kelezatan kuliner khas Manado ini di rumah. Sambal dabu-dabu populer di kalangan penggemar kuliner karena tampilannya yang unik dan tidak seperti jenis sambal lain di Indonesia. Cara membuat sambal dabu-dabu adalah dengan memotong-motong bahan sambal pada umumnya, lalu dicampur hingga merata.

Berbeda dengan jenis sambal biasa yang cara pembuatannya adalah dengan dihaluskan atau diuleg dengan menggunakan cobek atau ulegan. Untuk mematikan bakteri yang mungkin masih ada dalam bahan-bahan tersebut, sambal dabu-dabu disiram dengan minyak panas. Hal ini juga dilakukan untuk menambah cita rasa dalam cara membuat sambal dabu-dabu itu sendiri.

Dibandingkan membuat sambal yang biasa kita kenal yang membutuhkan tenaga ekstra saat menghaluskan bahan-bahan, cara membuat sambal dabu-dabu tidak terlalu memakan banyak tenaga. Tenaga yang dibutuhkan hanya saat memotong-motong bahan sambal dabu-dabu. Beberapa orang mungkin heran, mengapa sambal yang kelihatannya begitu mudah dibuat malah menjadi begitu populer di kalangan pecinta kuliner tanah air? Untuk menjawab hal tersebut, anda harus mencoba cara membuat samba dabu-dabu dan mencicipinya sendiri.

Advertisement

Cita rasa yang dirasakan akan membuat anda mengerti mengapa jenis sambal ini begitu popular di kalangan pecinta kuliner. Bahan-bahannya mudah didapat dan cara membuat sambal dabu-dabu ini juga sangat mudah.

Cara Membuat Sambal Dabu-Dabu dan Bahannya

Sambal Dabu-Dabu

Sambal Dabu-Dabu

Bahan-bahan membuat sambal dabu-dabu:

Bahan Membuat Sambal Dabu-Dabu

Bahan Membuat Sambal Dabu-Dabu

  1. 10 cabai merah keriting
  2. 5 siung bawang merah
  3. 2 buah tomat segar
  4. 10 buah cabe rawit
  5. Garam secukupnya
  6. 1-2 sendok makan air jeruk nipis
  7. 1 sendok teh terasi
  8. 2-3 sendok makan minyak jelantah panas atau minyak goreng panas

Cara membuat sambal dabu-dabu:

Cara Membuat Sambal Dabu-Dabu

Cara Membuat Sambal Dabu-Dabu

  1. Iris cabai merah, cabai rawit dan bawang merah. Bawang merah diiris tipis-tipis. Kemudian sisihkan.
  2. Tomat dipotong-potong dengan bentuk dadu. Kemudian sisihkan.
  3. Siapkan tempat untuk mencampur, bisa berupa mangkuk, campurkan bahan-bahan yang telah dipotong-potong, berikut terasi dan garam.
  4. Tambahkan dengan air jeruk nipis, aduk hingga rata.
  5. Siram dengan minyak goreng panas.
  6. Sajikan bersama lauk anda di rumah.

Mudah sekali bukan cara membuat sambal dabu-dabu ini? Tidak memerlukan pemakaian kompor selain untuk memanaskan minyak. Selain itu, rasa pedas dari cabai dan bawang serta rasa segar dari pemakaian tomat dan air jeruk nipis berpadu dengan sempurna menjadikan sambal ini cocok untuk hidangan laut seperti ikan bakar, ayam panggang dan aneka hidangan laut lainnya.

Akan tetapi dalam mempersiapkan bahan yang dipakai dalam pembuatannya, bahan-bahan tersebut harus dicuci dengan bersih terlebih dahulu. Karena tidak dimasak secara langsung, maka kebersihan dari bahan-bahan beserta alatnya harus terjaga.

Namun demikian, tidak ada salahnya untuk bereksperimen dengan resep membuat sambal dabu-dabu. Anda bisa menikmatinya dengan aneka olahan selain daging ikan seperti bebek, daging sapi, bahkan daging kambing. Istilah “tidak ada salahnya mencoba” adalah hal yang sangat diperlukan dalam dunia kuliner. Mungkin saja akan ada tren baru yang bisa anda ciptakan lewat eksperimen-eksperimen tersebut.

Selain memakannya bersama keluarga, anda juga bisa menghidangkannya saat mengajak tamu untuk makan bersama. Keistimewaan disuguhi sambal dabu-dabu yang merupakan khas daerah lain di rumah anda tentunya akan membuat tamu tersanjung. Mungkin saja tamu anda akan menanyakan cara membuat sambal dabu-dabu yang sudah anda buat.

Baca Juga : Cara Membuat Sambal Mangga

Siapa yang bisa menolak jika disuguhi sambal dabu-dabu lengkap dengan nasi panas dan ikan bakar? Sambal khas Manado ini sering dihidangkan keluarga di daerah tersebut dalam setiap kesempatan. Cara membuat sambal dabu-dabu ini mungkin telah diketahui di setiap rumah di daerah Manado dan sekitarnya.

Bukan tidak mungkin setiap harinya sambal ini dihidangkan sebagai pelengkap dalam acara makan setiap harinya. Bahkan sampai ada ungkapan “tak ada sambal tak akan makan”. Ungkapan tersebut memang benar adanya untuk beberapa orang. Apakah anda salah satunya? Jika iya, anda bisa memakai variasi dalam hidangan yang memakai resep dan cara membuat sambal dabu-dabu.

Advertisement