Cara Membuat Pisang Molen Yang Gurih

Advertisement

Cara Membuat Pisang Molen – membuat pisang molen yang enak serta lezat memang bisa dikatakan tidak terlalu sulit. Selain itu, bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah diperoleh. Olahan pisang yang satu ini memang bisa menjadi alternatif camilan baik saat menikmati suasana sore dengan ditemani oleh secangkir teh manis atau secangkir kopi. Selain itu, kudapan ini bisa juga dibuat sebagai suguhan saat ada tamu yang datang berkunjung. Camilan pisang yang dibalut dengan adonan tepung ini memang sangat digemari tidak hanya oleh masyarakat yang ada di Pulau Jawa saja tetapi hampir di semua daerah. Cara membuat pisang molen memang tidak ribet dan hanya membutuhkan sedikit peralatan saja.

Perpaduan rasa yang gurih dari tepung yang digoreng serta rasa manis dari buah pisang membuat molen menjadi salah satu camilan favorit bagi sebagian orang. Kawan Zonamasak.com sebenarnya bisa membuat sendiri camilan favorit tersebut di rumah, mengingat cara membuat pisang molen cukup mudah, terlebih dengan bahan baku yang bisa dengan mudah ditemukan. Walaupun begitu, makanan ringan ini bisa juga ditemukan dengan mudah baik itu di pinggir jalan, pasar tradisional, atau di toko kue.

Sebelum membahas cara membuat pisang molen, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah menyiapkan berbagai bahan-bahan pisang molen yang dibutuhkan. Untuk bahan utama dalam pembuatan molen isi pisang tentu tidak lain dan tidak bukan adalah buah pisang. Seperti yang Kawan Zonamasak.com tahu, ada banyak sekali jenis pisang yang ada di Indonesia dengan karakteristik yang berbeda-beda pula. Namun, untuk isi dari molen pisang sebaiknya pilihlah pisang raja, pisang uli, ataupun pisang kepok. Ketiga pisang tersebut memiliki rasa yang manis, namun tidak mudah lembek sehingga sangat dianjurkan untuk digunakan dalam cara membuat pisang molen. Selain pisang sebagai bahan baku utama yang dipakai dalam pembuatan molen pisang ada beberapa bahan-bahan lain yang tidak kalah penting.

Advertisement

Bahan dan Cara Membuat Pisang Molen

Cara Membuat Pisang Molen

Cara Membuat Pisang Molen

Bahan-bahan untuk cara membuat pisang molen:

  1. 16 buah pisang. Dalam resep dan cara membuat pisang molen kali ini, disarankan menggunakan jenis pisang raja atau kepok. Jika Kawan Zonamasak.com memiliki rekomendasi lain, bisa menggantinya sesuai selera. Pilihlah pisang yang sudah matang tapi jangan yang terlalu matang.
  2. 500 gram tepung terigu halus dan juga yang sudah diayak. Untuk menghasilkan molen yang gurih, sebaiknya pilih tepung terigu yang berkualitas dan masih baru.
  3. 2 sampai 3 butir telur ayam.
  4. 2 sendok teh pengembang kue atau baking powder.
  5. 150 gram margarin berkualitas.
  6. 150 gram gula bubuk atau gula halus.
  7. Garam secukupnya.
  8. Air dingin yang sudah matang kurang lebih 2 sendok makan atau sesuai selera.
  9. Minyak goreng secukupnya, usahakan untuk menggunakan minyak goreng yang masih baru.

Selain bahan-bahan yang digunakan dalam cara membuat pisang molen seperti di atas, ada beberapa peralatan yang juga dibutuhkan. Beberapa peralatan tersebut adalah wajan, baskom atau tempat untuk menguleni adonan, spatula, roller pin atau alat yang digunakan untuk membuat mie, tetapi jika tidak ada Kawan Zonamasak.com bisa menggunakan roller pin manual atau bisa juga dengan menggunakan botol kaca. Pastikan semua peralatan dalam keadaan bersih dan juga kering.

Resep Pisang Molen

Resep Pisang Molen

Ada tiga tahapan yang perlu dilakukan oleh Kawan Zonamasak.com dalam cara membuat pisang molen. Tahapan pertama adalah membuat adonan, yang kedua adalah membuat kulit untuk molen pisang dan tahapan ketiga adalah finishing. Beberapa langkah yang harus dilakukan pada tahapan pertama dalam cara membuat pisang molen adalah sebagai berikut.

Tahap membuat adonan:

  1. Masukkan tepung terigu, gula bubuk, dan juga baking powder, kemudian aduk sebentar menggunakan spatula pada baskom atau wadah besar yang sudah dipersiapkan. Aduk sampai semuanya tercampur rata. Setelah tercampur, ayak campuran tersebut sehingga tidak ada yang menggumpal atau kotoran yang mungkin saja masuk saat Kawan Zonamasak.com mencampur semua bahan tersebut.
  1. Masukkan margarin dan juga telur ayam ke dalam wadah yang berisi campuran tepung, gula halus, dan juga baking powder tadi. Aduk perlahan sampai semuanya tercampur sempurna dan membentuk gumpalan-gumpalan.
  1. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan dalam cara membuat pisang molen adalah memasukkan air. Masukkan air sedikit demi sedikit. Adonan harus tetap diaduk atau diuleni sampai tercampur rata dan juga menjadi kalis, setelah itu sisihkan.

Tahapan kedua dalam cara membuat pisang molen adalah membuat kulit dari molen pisang. beberapa langkah yang harus dilakukan pada tahapan kedua adalah sebagai berikut.

Tahap membuat kulit molen:

  1. Bagi adonan yang sudah dibuat pada tahapan pertama menjadi persegi panjang.
  2. Siapkan roller pin atau botol bersih. Taburkan sedikit tepung agar adonan yang digiling tidak lengket.
  3. Jika menggunakan mesin roller pin, Kawan Zonamasak.com cukup memasukkan adonan molen yang sudah dibuat pada tahapan pertama ke dalam alat penggiling sampai pada ketebalan yang diinginkan. Jika Kawan Zonamasak.com menginginkan molen yang gurih, maka buatlah adonan yang tipis tetapi jika ingin molen yang empuk maka buatlah kulit yang cukup tebal sekitar 1 mm.
  4. Setelah kulit untuk molen tersebut selesai dipipihkan, potong dengan lebar 1cm sampai 1,5 cm. Sisihkan.

Langkah terakhir yang harus dilakukan dalam cara membuat pisang molen adalah tahap lanjutan. Pada tahapan ini, yang perlu dilakukan oleh Kawan Zonamasak.com sebagai berikut:

Pisang Molen

Pisang Molen

Tahap penyelesaian:

  1. Siapkan pisang yang sebelumnya sudah dikupas dan dipotong sesuai dengan selera Kawan Zonamasak.com. Jika potongan tersebut dirasa terlalu besar, bisa dibelah lagi menjadi dua.
  2. Tutupi atau selimuti potongan pisang tersebut dengan kulit molen yang sudah dibuat pada tahap kedua. Lakukan sampai semua pisang habis.
  3. Masukkan pisang molen tersebut pada wajan yang berisi minyak panas. Goreng sampai molen pisang berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan molen tersebut, kemudian sajikan selagi masih hangat.

Ulasan mengenai cara membuat pisang molen di atas merupakan salah satu metode paling sederhana yang bisa digunakan sebagai patokan saat ingin membuat molen dengan isi pisang. Kuncinya adalah pada ketebalan kulitnya. Jika terlalu tebal, tentu rasanya tidak gurih dan Kawan Zonamasak.com akan kehilangan sensasi chrispy dari molen pisang. Karena itu, sebaiknya gunakan roller pin saja jika dirasa menggunakan cara manual terlalu sulit.

Baca Juga : Resep Pisang Karamel Lengkap dan Mudah

Untuk menambah variasi rasa dari olahan pisang tersebut, Kawan Zonamasak.com juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti cokelat, keju, selai, atau bahan-bahan lain yang disukai. Selain menggunakan pisang sebagai bahan baku utama, Kawan Zonamasak.com juga bisa menggantinya dengan buah lain seperti nanas atau bisa juga menggunakan ubi. Dijamin rasanya tidak kalah dengan molen isi pisang yang begitu populer di masyarakat. Semoga ulasan mengenai cara membuat pisang molen di atas bermanfaat dan selamat berkreasi dengan inovasi dan ide-ide lainnya.

Advertisement