Cara Membuat Nasi Tumpeng Untuk Berbagai Perayaan

Advertisement

Cara Membuat Nasi Tumpeng – Nasi tumpeng sudah sangat melekat sekali dengan tradisi di Indonesia. Oleh karena itu, kali ini akan disajikan informasi terbaru tentang cara membuat nasi tumpeng. Namun, sebelum masuk dalam pembahasan inti tentang berbagai bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya, terlebih dahulu akan dibahas tentang apa itu nasi tumpeng? Tentunya Kawan Zonamasak.com sudah tidak asing lagi dengan sajian yang satu ini. Nasi tumpeng sangat mudah ditemukan terutama pada berbagai perayaan, seperti acara ulang tahun, acara syukuran, hingga acara peresmian. Pada dasarnya nasi tumpeng memiliki dua jenis yaitu nasi tumpeng yang terbuat dari nasi putih biasa dan nasi tumpeng yang terbuat dari nasi kuning. Kedua jenis nasi tersebut sama-sama dibuat menjadi bentuk kerucut. Pada pembahasan kali ini secara khusus akan dijelaskan tentang cara membuat nasi tumpeng yang terbuat dari nasi kuning.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa nasi tumpeng sering dijadikan sajian pada berbagai perayaan. Walaupun jenis perayaannya berbeda, namun cara penyajian selalu sama, yaitu dengan bentuk nasi kuning berbentuk kerucut di bagian tengah dan dikelilingi berbagai macam lauk pauk. Jenis lauk pauk yang biasanya disajikan bisa disesuaikan dengan selera Kawan Zonamasak.com. Berikut ini akan diberikan beberapa contoh lauk pauk yang lazim disajikan dalam nasi tumpeng. Beberapa di antaranya adalah telur dadar, tempeng kering dan kacang, ayam, perkedel kentang dan beberapa sayuran, seperti mentimun, tomat dan daun seledri. Berbagai lauk pendukung tersebut juga bisa disajikan bersama sambal jika dikehendaki. Tapi jika Kawan Zonamasak.com kurang menyukai rasa pedas, sajian lauk dan nasi tersebut sudah cukup lengkap. Nasi tumpeng memiliki cita rasa yang gurih dan pastinya Kawan Zonamasak.com penasaran bagaimana cara membuat nasi tumpeng dengan segala kelezatannya, bukan?

Sebelum dibahas secara lebih detail tentang cara membuat nasi tumpeng, pertama akan dijelaskan terlebih dahulu beberapa bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk membuat sajian kuliner khas yang satu ini.

Advertisement

Cara Membuat Nasi Tumpeng dan Bahan Nasi Tumpeng

Bahan Nasi Tumpeng

Bahan Nasi Tumpeng

Bahan Nasi Tumpeng :

  1. Beras biasa sebanyak 1 liter
  2. Beras ketan 100 gram
  3. 3 lembar daun jeruk
  4. 2 lembar daun salam
  5. 1 batang serai
  6. 750 cc santan kelapa
  7. Kunyit berukuran 3 cm
  8. 1 sendok makan air jeruk nipis yang sudah diperas
  9. 100 cc air matang
  10. Garam secukupnya

Itulah daftar beberapa bahan dan bumbu yang diperlukan untuk membuat nasi tumpeng. Agar Kawan Zonamasak.com tidak lupa berbagai bahan dan bumbu tersebut, disarankan untuk mencatatnya. Hal ini juga diperlukan agar mempermudah ketika berbelanja keperluan membuat nasi tumpeng. Setelah membahas tentang berbagai keperluan tersebut, selanjutnya masuk dalam pembahasan inti tentang cara membuat nasi tumpeng. Pastinya Kawan Zonamasak.com sudah penasaran bukan bagaimana caranya? Oleh karena itu, langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Cara Membuat Nasi Tumpeng :

Cara Membuat Nasi Tumpeng

Cara Membuat Nasi Tumpeng

  1. Cara membuat nasi tumpeng yang pertama adalah memastikan beras ketan yang telah dipersiapkan sebelumnya sudah direndam dalam waktu minimal 12 jam. Untuk lebih mudahnya, perendaman beras ketan ini bisa dilakukan malam sebelum memasak nasi tumpeng tersebut.
  1. Apabila beras ketan tersebut telah direndam, selanjutnya tiriskanlah agar dapat diproses lebih lanjut. Jangan lupa juga untuk mencuci beras biasa yang telah dipersiapkan hingga bersih.
  1. Langkah berikutnya adalah siapkan 3 lembar daun jeruk dan 1 batang serai yang telah dipersiapkan. Masing-masing diremas dan dimemarkan hingga tercium aromanya. Sedangkan untuk kunyit yang berukuran 3 cm perlu diparut hingga halus. Apabila telah halus, kemudian campurkan dengan 100 cc air matang. Peraslah campuran kunyit dan air tersebut seperti memeras kelapa hingga mendapatkan sari patinya.
  1. Memasuki cara membuat nasi tumpeng bagian inti, campurkanlah 750 cc santan, daun jeruk dan serai yang sudah diproses sebelumnya, 2 lembar daun salam, air perasan kunyit dan garam. Aduk hingga semua bahan tersebut tercampur secara merata.
  1. Apabila semua bahan tersebut telah tercampur, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencampurkan beras. Aduklah beras tersebut selama proses perebusannya.
  1. Jika santan dalam rebusan beras sudah cukup mengering, angkatlah beras tersebut. Pastikan Kawan Zonamasak.com tidak terlambat dalam mengangkat beras karena apabila santan telah benar-benar mengering, tentu akan mempengaruhi tekstur dari nasi tumpeng itu sendiri.
  1. Jika beras telah diangkat, maka selanjutnya kukus beras tersebut dalam waktu kurang lebih 35 menit. Selama menunggu 35 menit, disarankan untuk sesekali mengecek kukusan beras tersebut. Setelah 35 menit, angkat beras dan nasi kuning telah matang. Jika telah selesai, maka Kawan Zonamasak.com perlu untuk menyiapkan tempat yang cukup besar untuk mendinginkan nasi kuning. Pastikan nasi dalam keadaan yang benar-benar dingin sebelum dibentuk menjadi kerucut agar nantinya tidak berkeringat dan menyebabkan nasi cepat basi.
  1. Jika dirasa sudah cukup dingin, mulailah untuk membentuk kerucut. Apabila nasi kuning telah berbentuk kerucut, jangan lupa untuk menyajikannya bersama beberapa lauk pauk yang dipilih dan nasi tumpeng siap untuk disajikan dalam perayaan spesial. Itulah beberapa cara membuat nasi tumpeng yang bisa Kawan Zonamasak.com coba.

Bagaimana mudah bukan cara membuat nasi tumpeng tersebut? Selain mudah, cara ini juga termasuk sangat hemat dan memungkinkan Kawan Zonamasak.com untuk bisa bereksperimen dengan menyajikan berbagai lauk pauk favorit sebagai bagian dari cara membuat nasi tumpeng tersebut. Bahkan kemampuan membuat nasi tumpeng ini bisa dijadikan lahan bisnis yang baru dan cukup menjanjikan karena harga satu paketnya terbilang tidak murah jika disesuaikan dengan beragam jenis lauk pauknya. Nasi tumpeng berukuran sedang dengan lauk pauk standar bisa dijual dengan kisaran harga Rp 50.000 hingga Rp 70.000. Untuk ukuran yang lebih besar dan lauk pauk yang lebih beragam, kisaran harganya tentu saja lebih tinggi.

Baca Juga : Cara membuat Soto Betawi dan Bahan Soto Betawi

Bagaimana apakah Kawan Zonamasak.com tertarik untuk menjadikan resep cara membuat nasi tumpeng ini sebagai lahan berbisnis yang baru? Jika tertarik, bisa mulai menawarkan menu tersebut kepada kerabat terdekat atau dengan mempromosikannya melalui media sosial, cara yang saat ini sedang populer dan terbukti cukup efektif. Untuk membuat tampilan nasi tumpeng menjadi lebih menarik, bisa juga membuat bentuk kerucut yang berundak di beberapa bagian. Namun untuk pemula, pertama kali cukup buatlah nasi tumpeng dengan bentuk kerucut biasa saja. Semoga artikel tentang cara membuat nasi tumpeng ini bermanfaat untuk Kawan Zonamasak.com. Dalam memasak, ketelitian dan kesabaran sangatlah penting. Jadi, jika untuk pertama kalinya Kawan Zonamasak.com gagal memasak tekstur nasi yang pas, cobalah terus hingga mendapatkan hasil yang terbaik. Bisa dibilang membuat nasi tumpeng gampang-gampang susah. Namun, jika Kawan Zonamasak.com bisa mengaplikasikan cara membuat nasi tumpeng ini dengan tepat, dijamin hasilnya pasti memuaskan.

Advertisement