Cara Membuat Manisan Pepaya Basah dan Kering

Advertisement

Cara Membuat Manisan Pepaya – Siapa yang tidak mengenal makanan khas dari Cianjur yang disebut manisan buah? Manisan merupakan buah yang diturunkan kandungan airnya dan diawetkan dengan gula. Berbagai buah bisa dijadikan manisan, salah satunya pepaya. Cara membuat manisan pepaya juga cukup sederhana. Anda tidak perlu jauh-jauh ke Cianjur untuk membeli manisan ini karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Rasa manisan pepaya yang manis bercampur sedikit asin membuat camilan ini banyak disukai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sebagai informasi, pepaya juga merupakan buah yang sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Buah ini umumnya bisa dibuat menjadi manisan basah dan manisan kering. Tunggu apa lagi, langsung saja simak cara membuat manisan pepaya basah dan kering di bawah ini.

Resep dan Cara Membuat Manisan Pepaya

Cara Membuat Manisan Pepaya Basah

Cara Membuat Manisan Pepaya Basah

1. Resep dan Cara Membuat Manisan Pepaya Basah

  • Bahan-bahan Membuat Manisan Pepaya Basah :
  1. Pepaya mengkal 1 buah
  2. Gula pasir 1 kg
  3. Air matang 2 liter
  4. Garam 4 sendok makan
  5. Kapur sirih 3 sendok teh
  • Langkah membuat manisan pepaya basah dalam jumlah kecil:
  1. Cara membuat manisan pepaya basah yang pertama adalah dengan membuat larutan garam dan kapur sirih. Untuk membuat larutan garam, Anda bisa mengambil 1 liter air matang dan tambahkan4 sdm garam. Sedangkan untuk larutan kapur sirih, caranya sama yaitu mencampurkan 1 liter air matang dengan 3 sdt kapur sirih.
  2. Setelah larutan siap, cara membuat manisan pepaya basah yang selanjutnya adalah dengan mengupas pepaya dan mencucinya hingga bersih. Kemudian, potong buah tipis-tipis.
  3. Cara membuat manisan pepaya berikutnya adalah dengan merendam pepaya yang telah dipotong ke dalam larutan garam hingga pepaya menjadi layu. Setelah terlihat layu, tiriskan potongan tersebut.
  4. Potongan pepaya yang telah layu direndam kembali di larutan kapur sirih semalaman. Lalu, tiriskan pepaya dan cuci hingga air cucian bening.
  5. Masukkan 200 gram gula ke dalam pepaya dan diamkan selama 2 jam hingga berair. Selanjutnya, tiriskan pepaya dan sisihkan airnya.
  6. Tambahkan air gula bekas rendaman dengan 150 gram gula dan masak hingga menjadi kental. Setelah air mengental, angkat pepaya dan dinginkan.
  7. Tuangkan air gula ke pepaya dan rendam di dalam toples semalaman hingga mengeluarkan air.
  8. Lakukan langkah yang sama sebanyak 2 kali, tiriskan pepaya dan sajikan.
Resep dan Cara Membuat Manisan Pepaya Kering

Resep dan Cara Membuat Manisan Pepaya Kering

2. Resep dan Cara Membuat Manisan Pepaya  Kering

  • Bahan-bahan Membuat Manisan Pepaya Kering:
  1. Pepaya mengkal 10 kg
  2. Gula pasir 5 kg
  3. Air matang secukupnya
  4. Kapur sirih 300 gram
  • Lengkah membuat manisan pepaya kering dalam jumlah banyak:
  1. Cara membuat manisan pepaya kering yang pertama adalah mengupas buah pepaya dan buang bijinya. Lalu, cuci buah hingga bersih dan potong kecil-kecil.
  2. Cara membuat manisan pepaya kering yang selanjutnya adalah melarutkan 150 liter air matang dengan 300 gr kapur sirih. Kemudian, masukkan potongan pepaya ke dalam larutan
  3. Cara membuat manisan pepaya kering berikutnya adalah merendam pepaya selama 1 jam sebelum dicuci dan ditiriskan.
  4. Rebus potongan pepaya dengan air mendidih selama 5 menit dan tiriskan.
  5. Buat larutan gula dengan mencampurkan 5 kg gula pasir dan 1 liter air matang. Lalu, masak air gula hingga mendidih dan tambahkan potongan pepaya. Tunggu hingga 2 jam dan tiriskan.
  6. Angkat potongan pepaya dan jemur di bawah sinar matahari hingga kering. Umumnya pepaya akan mengering setelah dijemur selama 3 hari.
  7. Setelah pepaya kering, masukkan ke dalam toples atau bisa juga dimakan langsung.

Manisan pepaya ini bisa dijadikan camilan atau teman minum teh di pagi hari. Rasanya yang manis dan kandungannya yang menyehatkan sangat bagus untuk melancarkan pencernaan dan menghindarkan Anda dari sembelit. Cara membuat manisan pepaya juga sangat simpel dan tidak membutuhkan banyak alat. Selain buah pepaya, buah lain seperti mangga, kedondong, jambu, salak, dan lain-lain juga bisa dijadikan manisan buah.

Advertisement

Resep Menarik Lainnya : Cara Membuat Seblak Tulang

Proses pengeringan dan penambahan gula pada pepaya berfungsi melindungi buah dari mikroorganisme pembusuk buah sehingga akan awet dan dapat disimpan dalam waktu yang lama.  Cara membuat manisan pepaya ini bisa menjadi percobaan sebelum membuka bisnis manisan buah rumahan. Manisan buah memiliki banyak penggemar karena rasanya yang unik sehingga bisnis ini bisa sangat menguntungkan.

Advertisement