Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo

Advertisement

Cara Membuat Es Pisang Ijo – Indonesia dikenal kaya dengan warisan kulinernya. Salah satu kuliner minuman yang terkenal dan mudah didapatkan sekarang ini adalah es pisang ijo. Menu minuman khas Makasar ini cukup digemari bukan hanya oleh penduduk lokal tetapi bahkan mancanegara. Bukan hanya karena rasanya yang enak, kekhasan dalam cara membuat es pisang ijo juga terdapat dari penamaan es ini sendiri.

Konotasi pisang ijo yang biasanya diidentikkan dengan pisang yang mentah membuat orang penasaran untuk mencobanya. Padahal cara membuat es pisang ijo itu sendiri tentunya menggunakan bahan dasar pisang matang. Cukup unik, bukan? Selain untuk dinikmati sendiri ataupun bersama keluarga, es pisang ijo juga bisa dijadikan ide bisnis untuk dijalankan. Sekarang ini banyak gerai-gerai yang menjual es pisang ijo dengan berbagai varian rasa.

Bagi yang belum pernah mencoba es pisang ijo mungkin agak sedikit kesulitan menggambarkan bentuknya. Alasan pemberian nama es pisang ijo dikarenakan bahan dasar yang digunakan adalah pisang yang dibalut dalam adonan tepung berwarna hijau, dipadu dengan vla dari adonan tepung beras yang mirip dengan bubur sumsum. Hanya saja untuk penyajian es pisang ijo,vla yang digunakan lebih gurih karena dominan rasa santannya dibandingkan dengan bubur sumsum biasa.

Advertisement
Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo

Minuman ini banyak diminati karena selain menyegarkan, es dengan sensasi manis, berlemak dan legit ini juga mengenyangkan. Bahan utama dalam cara membuat es pisang ijo yaitu buah pisang. Ini adalah buah yang kaya akan serat sehingga baik pula untuk pencernaan kita. Pisang yang digunakan untuk resep kali ini menggunakan pisang raja kuning karena teksturnya lebih lembut serta lebih manis dan legit dibandingkan dengan pisang tanduk. Tetapi jika Kawan Zonamasak.com menginginkan hasil es pisang ijo yang lebih padat, bisa juga menggunakan pisang tanduk.

Cara membuat es pisang ijo yang baik tentunya juga tergantung dari bahan dasarnya. Kawan Zonamasak.com harus pintar-pintar memilih pisang yang berkualitas. Jangan memilih pisang yang tandannya sudah kering. Hal ini disebabkan pisang tersebut sudah lama dipanen. Pilih pisang yang kulitnya masih baik dan tidak terkoyak. Bintik hitam atau kecokelatan pada pisang juga menandakan bahwa buah tersebut sudah lewat masa matangnya. Jadi lebih baik hindari karena akan mudah busuk. Suhu ruang juga menentukan jika akan menyimpan pisang. Suhu yang tidak cocok dapat membuat pisang menjadi cepat busuk.

Setelah mengetahui cara memilih pisang yang baik, hal lain yang perlu diperhatikan adalah masalah adonan. Berbeda dari resep adonan cara membuat es pisang ijo yang biasanya dimasak di dalam panci hingga pekat, kali ini adonan yang digunakan akan dikukus dalam wadah tahan panas hingga mengeras baru kemudian biasa yang diaduk hingga kalis dan dibalutkan ke pisang yang sudah dikukus sebelumnya. Cara ini akan membuat lapisan pembungkus pisang menjadi lebih halus dan lembut.

Cara membuat es pisang ijo agar warnanya lebih lembut adalah dengan menggunakan bahan pewarna alami. Untuk resep kali ini, akan digunakan daun pandan sebagai ganti pewarna makanan. Hasilnya,warna akan cenderung tidak terlalu menonjol dan baunya lebih harum. Tetapi apabila Kawan Zonamasak.com ingin yang lebih praktis, bisa menggunakan pewarna makanan secukupnya hingga menghasilkan warna yang sesuai selera. Cara membuat es pisang ijo tidak terlalu rumit, hanya membutuhkan ketelatenan. Berikut adalah resep dan cara membuat es pisang ijo.

Bahan dan Cara Membuat Es Pisang Ijo

Resep Es Pisang Ijo

Resep Es Pisang Ijo

Bahan-bahan Es Pisang Ijo:

  1. Tepung beras 200 gram
  2. Tepung terigu 200 gram
  3. Gula pasir 50 gram
  4. Santan kental dari 1 butir kelapa 600 ml
  5. Pasta pandan 3 tetes (atau sesuai selera)
  6. Pisang raja yang sudah matang 15 buah, kukus hingga setengah lunak

Bahan Pasta Pandan:

  1. Air 500 ml
  2. Daun pandan 200 gram, potong-potong kira-kira 2 cm

Bahan Vla Santan :

  1. Tepung beras 50 gram
  2. Santan kental 500 ml
  3. Gula pasir 100 gram
  4. Garam ½ sendok teh

Bahan Pelengkap untuk Cara Membuat Es Pisang Ijo:

  1. Susu kental manis
  2. Sirup yang berwarna merah. Bisa rasa cocopandan atau rose.
  3. Es batu
  4. Parutan keju atau topping lainnya sesuai selera

Peralatan Tambahan:

  1. Plastic Wrapatau alas apapun yang tersedia
  2. Daun pisang
  3. Minyak goreng untuk olesan alas

Cara Membuat Es Pisang Ijo:

Cara Membuat Es Pisang Ijo

Cara Membuat Es Pisang Ijo

  1. Daun pandan yang sudah dipotong tadi dicuci hingga bersih. Blender dengan air hingga hasil akhirnya sebanyak 500 ml. Proses hingga halus kemudian saring.
  1. Masukkan tepung beras, tepung terigu, santan dan air pandan ke dalam wadah yang telah disiapkan. Aduk rata hingga tidak licin dan tidak menggumpal. Saring adonan jika masih ada gumpalan. Ulangi proses menyaring hingga adonan sudah halus.
  1. Setelah itu masukkan gula pasir dan pasta pandan. Aduk rata kemudian tuangkan adonan ke dalam loyang tahan panas. Kukus selama 20 menit hingga adonan matang.
  1. Uleni adonan yang sudah matang tadi dengan sendok nasi hingga licin dan kalis.
  1. Letakkan 3 sendok makan adonan kulit ke atas meja yang sudah dilapisi plastik. Jangan lupa olesi terlebih dahulu permukaan plastik dengan minyak goreng agar adonan tidak lengket. Tipiskan adonan dan letakkan sebuah pisang di atasnya. Bungkus pisang dengan adonan hingga semua permukaan pisang tertutup.
  1. Letakkan adonan yang sudah dibentuk tadi ke dalam selembar daun pisang. Lipat dan bungkus pisang ijo. Susun di dalam kukusan. Waktu pengukusan kurang lebih 15 menit. Setelah matang, keluarkan dari kukusan dan biarkan dingin. Resep cara membuat es pisang ijo telah selesai.

Membuat Vla Santan:

  1. Masukkan semua bahan vla santan ke dalam panci. Aduk hingga halus dan semua bahan larut. Tambahkan daun pandan. Didihkan vla di atas kompor dengan menggunakan api kecil.
  1. Aduk terus adonan selama dimasak. Pastikan Kawan Zonamasak.com mengaduk hingga ke dasar adonan agar matang merata dan adonan yang ada di bawah tidak gosong. Lakukan sampai adonan menjadi kental. Jika sudah mendidih dan muncul letupan,artinya vla sudah matang.
  1. Angkat dan dinginkan.

Penyajian:

  1. Potong-potong sebuah pisang ijo. Ketebalan disesuaikan dengan keinginan KawanZonamasak.com. Tata pisang ijo di atas mangkuk. Siram dengan vla santan. Tambahkan susu kental manis, sirup dan es batu. Tambahkan topping lain bila suka.
  1. Es pisang ijo siap dinikmati.

Resep cara membuat es pisang ijo di atas dapat menghasilkan 15 porsi es yang nikmat. Apabila yang dibutuhkan oleh Kawan Zonamasak.com hanya beberapa, jangan khawatir. Sisa pisang ijo yang ada bisa disimpan. Masukkan dalam wadah kedap udara dan simpan di dalam lemari es. Bisa disajikan kembali pada waktu yang diinginkan. Cara membuat es pisang ijo dengan langkah di atas hasilnya akan tetap sama seperti saat pertama dibuat. Kulit adonan pisang ijo tidak akan menjadi keras. Dengan demikian, Kawan Zonamasak.com bisa membuat dalam jumlah banyak tanpa risau jika tidak bisa menyimpan sisanya.

Baca : Resep Onde-onde Kacang Hijau

Bagaimana mudah bukan? Resep es pisang ijo ini dapat dicoba kapan pun Kawan Zonamasak.com mau. Mungkin saat pertama kali membuat akan sedikit kesulitan ketika membungkus pisang dengan adonan. Tapi seperti pepatah mengatakan, akan bisa karena biasa. Kawan Zonamasak.com dapat membagikan resep cara membuat es pisang ijo yang mudah ini kepada kawan maupun kerabat. Selamat mencoba!

Advertisement