Cara Membuat Bakso Bakar, Makanan Khas Indonesia

Advertisement

Cara Membuat Bakso Bakar – Artikel ini akan membahas tentang cara membuat bakso bakar dengan proses pembuatan yang berbeda dan cita rasa unik. Sesuai dengan namanya, kuliner ini akan diproses dengan cara dibakar. Tentu ini memberikan ciri khas tersendiri karena berbeda dengan bakso kuah yang biasa ditemukan di pasaran.  Selain itu yang menambah keunikan dari bakso bakar ini adalah penggunaan tusuk seperti pada sate.

Untuk cita rasanya sendiri sudah bisa dipastikan sangat berbeda dan bisa membuat Kawan Zonamasak.com merasa ketagihan untuk terus mencobanya. Setelah membaca ulasan singkat tersebut, tentu Kawan Zonamasak.com semakin ingin tahu bagaimana cara membuat bakso bakar tersebut, bukan? Untuk menjawab rasa keingintahuan tersebut maka artikel ini akan membahas caranya secara detail lengkap dengan informasi bahan dan bumbu yang dibutuhkan. Oleh karena itu, simaklah pembahasannya berikut ini.

Bakso Bakar

Bakso Bakar

Namun sebelum mengulas tentang cara membuat bakso bakar dan berbagai bahan dan bumbu yang dibutuhkan, pertama kali akan dibahas tentang asal mula dari ide pembuatan bakso bakar ini. Ide tersebut bermula dari keinginan untuk memberikan sajian yang berbeda dari bakso yang biasanya hanya disajikan dengan kuah. Sebenarnya terdapat beberapa pilihan seperti menggoreng dan membakar bakso. Pada akhirnya, pilihan untuk membakar bakso dirasa lebih unik karena cita rasa yang ditawarkan juga terbilang cukup berbeda. Cara membuat bakso bakar ini sebenarnya juga lebih sederhana karena tidak perlu untuk mempersiapkan kuah dalam penyajian bakso.

Advertisement

Untuk menggantikan kuah tersebut, bakso bakar  biasanya disajikan dengan beberapa jenis sayuran, seperti paprika merah, kuning, dan  hijau. Penyajian dari cara membuat bakso bakar juga hanya perlu menyatukan bakso dan berbagai sayuran tersebut pada tusuknya. Pastinya Kawan Zonamasak.com sudah membayangkan betapa mudahnya proses pembuatan dan bagaimana kelezatan cita rasayang ditawarkan dari olahan bakso bakar ini. Karena itu, langsung saja perhatikan pembahasan berikut ini terkait cara membuat bakso bakar. Namun terlebih dahulu Kawan Zonamasak.com perlu mencatat berbagai bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk membuat bakso bakar.

Cara Membuat Bakso Bakar

Resep Bakso Bakar

Resep Bakso Bakar

Bahan – Bahan Bakso Bakar:

  1. Daging sapi 500 gram
  2. Tepung tapioka 75 gram
  3. Air putih
  4. Es batu 150 gram
  5. Paprika merah, paprika kuning, dan paprika hijau

Bumbu Bakso Bakar:

  1. Garam secukupnya
  2. Bawang putih 3 siung
  3. Saus sambal 50 ml
  4. Kecap manis 100 ml

Itulah beberapa bahan dan bumbu untuk membuat bakso bakar yang harus Kawan Zonamasak.com persiapkan. Sebelum membahas tentang cara membuat bakso bakar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, 500 gram daging sapi yang harus dipersiapkan tersebut terlebih dahulu harus dipotong menjadi bentuk dadu. Disarankan untuk membuat potongan dadu yang kecil agar nantinya mempermudah proses saat daging tersebut dihaluskan.

Kedua, 3 siung bawang putih yang telah dipersiapkan juga harus dipotong terlebih dahulu hingga halus. Untuk paprika merah, kuning, dan hijau juga harus dipotong dengan perkiraan ukuran dari bakso yang nantinya dibuat. Sebenarnya, Kawan Zonamasak.com tidak harus menggunakan ketiga jenis paprika tersebut karena hal ini bisa disesuaikan dengan selera. Namun jika ingin menampilkan sajian yang lebih menarik dari bakso bakar, disarankan untuk menggunakan ketiganya agar lebih berwarna. Untuk penjelasan tentang cara membuat bakso bakar yang lebih detail, simaklah uraian di bawah ini.

Cara Membuat Bakso Bakar

Cara Membuat Bakso Bakar

Cara Membuat Bakso Bakar:

  1. 500 gram daging sapi yang telah dipotong dadu kecil tersebut dihaluskan bersama dengan 150 gram es batu. Kawan Zonamasak.com bisa menghaluskannya dengan cara manual namun untuk lebih mempermudahnya bisa juga dilakukan dengan menggunakan food processor. Selain lebih cepat, menggunakan alat khusus tentu akan mempermudah Kawan Zonamasak.com dalam mendapatkan tingkat kehalusan tekstur yang diinginkan.
  1. Setelah daging tersebut dirasa cukup halus untuk tekstur bakso, selanjutnya tambahkan 75 gram tepung tapioka, garam secukupnya, dan 3 siung bawang yang telah dipotong. Pastikan bahan dan bumbu yang ditambahkan tersebut bisa tercampur dengan merata. Untuk memastikan daging, bahan dan bumbu tersebut tercampur dengan rata bisa juga dilakukan penggilingan dengan menggunakan mesin khusus. Jika proses ini telah selesai, untuk sementara simpan adonan bakso tersebut.
  1. Sementara adonan bakso tersebut disimpan, Kawan Zonamasak.com bisa mempersiapkan tempat yang berisi air mendidih dan dirasa cukup untuk menampung sejumlah bakso tersebut.
  1. Untuk menunggu air mendidih, buatlah adonan bakso tersebut menjadi bulat. Untuk ukuran bakso bisa disesuaikan dengan selera Kawan Zonamasak.com. Namun agar bakso nantinya terbakar dengan sempurna disarankan untuk membuat bulatan bakso yang tidak terlalu besar. Apabila semua adonan telah menjadi bulatan, maka segeralah masukkan dalam air yang sudah mendidih. Tunggulah hingga bakso-bakso tersebut terapung. Jika sudah terapung, maka tiriskanlah bakso-bakso tersebut.
  1. Tunggulah bakso-bakso tersebut hingga sedikit dingin agar tidak hancur ketika ditusuk. Jika sudah cukup dingin, maka tusuklah bakso-bakso tersebut dengan format selang-seling antara bakso dan paprika yang sudah dipersiapkan.
  1. Jika semua bakso dan paprika telah ditusuk maka cara membuat bakso bakar yang terakhir adalah dengan membakarnya. Jangan lupa untuk mengoleskan 50 ml saus dan 100 ml kecap manis.
  1. Untuk cita rasa bakso bakar yang lebih mantap, pengolesan saus dan kecap manis bisa dilakukan beberapa kali, minimal dua kali. Pastikan selama proses pembakaran, Kawan Zonamasak.com selalu membolak-baliknya agar tidak gosong pada satu sisi saja. Tanda dari bakso tersebut telah dibakar secara sempurna adalah tekstur yang sudah mulai kecoklatan.
  1. Jika semua bakso telah dibakar dengan sempurna, maka kuliner dengan cita rasa unik tersebut siap disajikan.

Demikianlah beberapa cara membuat bakso bakar yang cukup mudah dan sederhana. Sajian ini bisa dijadikan lauk untuk dimakan dengan nasi. Atau jika hanya ingin menjadikannya sebagai camilan, bakso bakar bisa menjadi teman bersantai. Biasanya momen yang paling tepat untuk menikmati sajian ini adalah saat berkumpul dengan kerabat di momen-momen tertentu, seperti pergantian tahun. Ada satu tips tambahan yang perlu Kawan Zonamasak.com ketahui, yaitu apabila adonan bakso yang dibuat terlalu banyak, maka disarankan untuk menyimpannya di dalam freezer agar dagingnya tidak cepat basi.

Baca Juga : Cara Membuat Seblak Tulang

Ide dari cara membuat bakso bakar ini juga bisa Kawan Zonamasak.com coba sebagai alternatif sajian saat Idul Adha di mana persediaan daging sapi menumpuk namun bosan dengan sajian yang biasa seperti sate dan gulai. Jika bakso bakar yang dibuat ternyata mendapat respon yang baik dari anggota keluarga, tidak ada salahnya untuk coba menjual bakso bakar ini. Dengan penyajian yang menarik dan rasa yang lezat, dijamin bakso bakar akan cepat laku. Semoga pembahasan tentang cara membuat bakso bakar ini menjadi referensi masakan yang unik bagi Kawan Zonamasak.com.

Advertisement