Bumbu Sate Maranggi | Cara Membuat | Bahan

Advertisement

Bumbu Sate Maranggi– Bumbu sate maranggi terbuat dari bahan rempah-rempah khas daerah timur. Sate sendiri memang merupakan salah satu makanan khas asal Indonesia. Banyak turis asing yang jatuh cinta ketika mencoba sajian ini. Sebenarnya, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki sate dengan ciri khasnya masing-masing. Misalnya saja ada sate ayam Madura, sate buntel dari Solo dan yang patut dicoba juga ada sate maranggi khas daerah Jawa Barat khususnya Purwakarta.

Bumbu sate maranggi umumnya dicampur dengan beberapa bahan yang berbeda dengan sate yang lainnya sehingga memiliki rasa yang unik. Terdapat sensasi gurih, manis, dan asam yang dikombinasikan secara tepat untuk menghadirkan cita rasa yang lezat. Hal unik lain dari sate maranggi ini adalah tidak dihidangkan dengan nasi atau lontong seperti sate pada umumnya. Sate maranggi biasanya dihidangkan bersama ketan bakar dan sambel oncom. Inilah yang membuat kuliner tersebut memiliki penggemar fanatik yang rela berburu hingga ke pelosok daerah. Sate maranggi bisa diperoleh di warung-warung yang berjajar di pusat kota Purwakarta, sekitar satu setengah jam jaraknya dari Jakarta. Apabila kawan Zonamasak.com ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut ini adalah bumbu sate maranggi yang perlu disiapkan, lengkap dengan cara pembuatannya.

Cara Membuat Bumbu Sate Maranggi

Bumbu Sate Maranggi

Bumbu Sate Maranggi

Bahan utama sate maranggi:

Advertisement

Sate maranggi merupakan sate yang terbuat dari daging sapi, namun bagi yang kurang menyukainya bisa menggunakan daging ayam sebagai alternatif. Berikut adalah bumbu utama sate maranggi yang perlu disiapkan:

  1. Gunakan daging sapi khas dalam kemudian potong kecil sebanyak 300 gram.
  2. Sebagai campuran siapkan juga lemak sapi yang dipotong kecil sebanyak 100 gram.
  3. Siapkan kecap manis kurang lebih 4 sendok makan.
  4. Siapkan juga tusuk sate secukupnya.
  5. Terakhir adalah minyak goreng kurang lebih 2 sendok teh.

Bumbu sate maranggi yang dihaluskan:

Resep Sate Maranggi

Resep Sate Maranggi

  1. Siapkan ketumbar kurang lebih 1 setengah sendok makan
  2. Gula merah ditumbuh halus sebanyak 75 gram
  3. Terakhir adalah garam sebanyak setengah sendok makan

Bahan pelengkap bumbu sate maranggi:

Selain beberapa bahan utama di atas, Kawan Zonamasak.com juga harus mempersiapkan beberapa bahan yang digunakan sebagai bumbu untuk penambah cita rasa sate maranggi. Bumbu ini nantinya dipakai untuk memberikan cita rasa sate maranggi dengan cara mengoleskannya di sela-sela proses pembakaran. Untuk bahan penyedap, bumbu sate maranggi yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:

  1. Bawang merah 5 siung
  2. Cabai rawit kurang lebih 5 buah, sesuaikan saja dengan selera pedas masing-masing.
  3. Gula pasir kurang lebih setengah sendok teh.
  4. Siapkan pula kencur 5 cm yang telah dibersihkan kulitnya.
  5. Jahe 2 cm, bersihkan bagian-bagian kulitnya.
  6. Cabai merah keriting bisa juga ditambahkan bagi para pecinta pedas. Siapkan saja sebanyak 6 buah.
  7. Jangan lupa garam satu sendok teh sebagai penyedap rasa.

Bumbu sambal oncom:

Sudah disebutkan di atas jika sate maranggi ini sering kali dihidangkan dengan ketan bakar dan juga sambal oncom. Setelah menyiapkan bumbu sate maranggi dan bumbu pelengkap lainnya, berikut ini adalah bahan sambal oncom yang juga wajib anda siapkan.

  1. Bakar oncom sebanyak 350 gram
  2. Siapkan cabai keriting 6 buah
  3. Bisa pula ditambahkan cabai rawit merah 10 buah
  4. Jangan lupa menyiapkan satu ruas jahe yang sudah dibersihkan kulitnya
  5. Gula jawa kurang yang sudah diserut 2 buah
  6. Garam secukupnya
  7. Siapkan air sebanyak 800 ml

Cara membuat bumbu sate maranggi:

Cara Membuat Bumbu Sate Maranggi

Cara Membuat Bumbu Sate Maranggi

Setelah semua bahan-bahan di atas selesai Kawan Zonamasak.com siapkan, inilah saatnya untuk membuat sate maranggi. Caranya sangat mudah, tidak berbeda jauh dengan cara membuat sate pada umumnya. Untuk cara membuat bumbu sate maranggi bisa disimak di bawah ini:

  1. Haluskan semua bahan yang wajib dihaluskan di atas seperti ketumbar, gula merah dan garam. Bumbu yang sudah dihaluskan tersebut jangan lupa ditambahkan dengan minyak goreng dan kecap agar tidak terlalu kental. Jika dinilai masih terlalu kental, tambahkan sedikit air pada bumbu sate maranggi
  1. Jika bumbu yang dihaluskan sudah siap, mulailah dengan memotong daging sapi dan kemudian menusuknya dengan tusuk sate. Jumlah daging tiap tusuk bisa disesuaikan selera, umumnya tiap tusuk terdapat empat sampai lima potong daging sapi.
  1. Beberapa tusukan sate tadi sementara direndam dahulu dalam bumbu yang sudah dihaluskan selama kurang lebih satu jam.
  1. Sementara menunggu rendaman, Kawan Zonamasak.com bisa mulai menghaluskan bumbu sate maranggi yang nantinya dipakai untuk bahan olesan. Haluskan secara bersama-sama bawang merah, gula pasir, cabe rawit, cabe keriting, garam, kencur dan jahe. Jika sudah benar-benar halus tambahkan saja sedikit air. Namun hati-hati, jangan sampai bumbu sate maranggi ini menjadi terlalu encer.
  1. Setelah selesai proses perendaman dan sate serta bumbu pelengkap sudah selesai dibuat, mulailah untuk membakar sate.
  1. Untuk sate yang kiranya sudah setengah matang, bisa diangkat terlebih dahulu untuk diolesi dengan larutan bahan pelengkap seperti jahe, kencur, cabe dan bawang merah. Baru setelah diolesi dapat dilanjutkan proses pembakaran.
  1. Setelah dirasa matang, angkat sate dan kemudian sisihkan.

Selama proses pembakaran sate dan pembuatan bumbu sate maranggi, ada baiknya Kawan Zonamasak.Com juga menyiapkan sambal oncom sebagai teman makan sate maranggi. Untuk cara pembuatan sambal oncom juga tidak kalah mudah.

Langkah-langkah membuat sambal oncom:

  1. Potong terlebih dahulu bahan-bahan seperti bawang, cabe rawit dan cabe keriting agar nantinya mudah ditumbuk.
  2. Selanjutnya, masukkan potongan bawang, cabe rawit dan cabe keriting tadi dalam cobek dan tambahkan sedikit garam kemudian haluskan.
  3. Setelah cukup halus, tambahkan pula gula jawa yang sudah diserut agar mudah tercampur.
  4. Terakhir, potongan oncom yang sudah dibakar bisa dimasukkan dalam cobek untuk selanjutnya bisa dihaluskan bersama dengan bahan-bahan tadi.
  5. Jika sudah halus, aduk-aduk kembali agar benar-benar merata dengan bumbu.

Itulah tadi bahan-bahan dan serangkaian cara pembuatan bumbu sate maranggi. Sudah dijelaskan pula lengkap dengan bahan dan cara pembuatan sambal oncom yang biasa digunakan sebagai teman makan sate maranggi. Agar sama dengan sate yang dihidangkan di warung-warung di kota asalnya, Kawan Zonamasak.com bisa menyantap sate maranggi bersama dengan ketan bakar. Tentu ini akan memberikan sensasi dan pengalaman kuliner baru bagi Kawan Zonamasak.com yang biasanya makan sate dengan nasi atau lontong.

Baca Juga : Resep Bumbu Sate Kacang

Mudah bukan cara pembuatannya? Tidak perlu jauh-jauh hingga ke Purwakarta untuk mencicipi kelezatan sate ini. Setelah menyimak cara-cara di atas, sate maranggi bisa dinikmati di rumah setiap saat. Apabila kurang menyukai cita rasa daging sapi, sebenarnya bisa juga diganti dengan daging ayam ataupun daging ikan filet sesuai dengan selera. Semoga cara-cara di atas dapat bermanfaat dan selamat mencoba membuat bumbu sate maranggi.

Advertisement